Ormas Jarum Gelar Silahturahmi dan Penguatan Kapasitas 

Ormas Jarum Gelar Silahturahmi dan Penguatan Kapasitas 
acara Silahturahmi dan Penguatan Kapasitas Kades Terpilih 

Bagi Kades Terpilih 

LEBAK | TR.CO.ID 

Organisasi kemasyarakatan Jaringan relawan untuk masyarakat (Ormas Jarum), di tahun ke 8 makin membuktikan kepada publik bahwa misi sosial dan kemasyarakatan adalah harapan yang kini dan esok akan terus-menerus digelorakan. 

Kali ini Ormas Jarum menggelar acara Silaturahmi dan Penguatan Kapasitas Kepala Desa Terpilih Binaan Ormas Jarum tahun 2021, bertempat di Posko DPP Ormas Jarum, Komplek Pendidikan, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Sabtu (13/11/2021). 

Acara tersebut diikuti sebanyak 46 Kepala Desa (Kades) terpilih binaan Ormas Jarum dengan menghadirkan narasumber yaitu, Kapolres Lebak, Kejari Lebak, Ketua DPRD Lebak, Sekda Lebak, Praktisi hukum dan Akademisi.

Ketua Umum Ormas Jarum, Nunung Hidayat Gebek menyatakan, dengan segenap kemampuan, berbagai kegiatan positif akan terus diupayakan. Mengawal, mengawasi dan berbartisipasi adalah jargon yang akan terus digaungkan dan ditanamkan ke dalam sanubari setiap insan Ormas Jarum. 

"Insya Allah, Ormas Jarum akan terus mencoba mengupayakan menjadi yang terbaik, sehingga manfaat bisa dirasakan dan akhirnya menginspirasi masyarakat luas," kata pria yang akrab dipanggil Abah itu. 

Masih kata Abah, Ia meyakini bahwa praktek baik harus tunjukkan oleh para Kades, menyiapkan Kades berkualitas, berdedikasi dan berjiwa pelayan dan pengabdi adalah keharusan. 

"Proses demokrasi tentu harus dikawal dengan baik, mereka yang terpilih harus disiapkan menjadi pemimpin yang bisa menjadi tauladan bagi warganya" ungkap Abah. 

Dijelaskan Abah, kegiatan Silaturahmi & Penguatan Kapasitas Diri Kepala Desa Terpilih Binaan Ormas Jarum adalah upaya dan arahan dalam mengurus desanya harus menjadi prioritas agar nantinya menjadikan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahterah bisa tercapai. 

"Semangat ini tentu sangat sesuai dengan visi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Mudah-mudahan kebaikan bisa berpihak kepada kita semua, sehingga bisa menjadi insan yang khairunnas anfauhum linnas," pungkas Abah.

Sementara itu, salah satu peserta yang hadir, Bendahara Korcam Ormas Jarum Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Oman Saputra mengapresiasi kegiatan yang digelar DPP Ormas Jarum.

"Kegiatan ini sangat bagus karena menghadirkan pihak-pihak yang kompeten dibidangnya sebagai narasumber. Jelas ini dapat menambah wawasan bagi para Kades yang baru dilantik, khusus Kades terpilih binaan Ormas Jarum," kata Oman

Masih kata Oman, terkait DD dan ADD harus digunakan sesuai regulasi dan dilaksanakan sesuai rencana juga tepat sasaran. Berkaitan dengan hal itu, Ia mewanti-wanti para Kades yang baru terpilih agar tidak menggebu-gebu menuntaskan janji politiknya di tahun pertama mereka menjabat.

“Sebab para Kades itu diangkat untuk kurun waktu enam tahun. Jangan paksakan pemenuhan janji politik pada tahun pertama. Tetap perhatikan kebutuhan-kebutuhan pembangunan dan masyarakat yang telah direncanakan sebelumnya,” ujar Oman seraya menambahkan rincian penggunaan APBDes harus transparan agar masyarakat mengetahui penggunaan DD dan ADD. (jat/ris)