Panitia SMPN 1 Jawilan Verifikasi Berkas Pendaftar

Panitia SMPN 1 Jawilan Verifikasi Berkas Pendaftar

SERANG | TRM

Tahun 2020 ini, dalam pendaftaran peserta didik baru (PPDB) SMP Negeri 1 Jawilan menerapkan pendaftaran secara online. Pemberitahuan tata cara pendaftaran secara online disampaikan secara langsung oleh panitia dengan memberikan selebaran kepada orang tua siswa dan calon peserta didik baru yang akan mendaftar. Setelah mendaftar kemudian calon peserta didik baru menyerahkan bukti pendaftaran kepada panitia yang telah siap di ruang sekolah.

Kepala UPT SMPN 1 Jawilan, H. Taufik mengatakan petunjuk teknis PPDB tahun ajaran 2020/2021 di sekolahnya dilakukan secara online. Hal ini berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang nomor 420/477-Disdikbud/2020. Perinciannya sebagai berikut pendaftaran tanggal 22 sampai 27 Juni 2020. Verifikasi berkas tanggal 22 Juni sampai 6 Juli 2020. Pengumuman tanggal 7 Juli 2020. Daftar ulang tanggal 8 dan 9 Juli 2020. Link pendaftarannya melalui browser ppdb.serang.go.id.

“Daya tampung yang disiapkan sekolah sebanyak 260 siswa siswi. Mereka bisa mendaftar melalui jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua dan jalur prestasi,”kata H. Taufik kepada Tangerang Raya melalui pesan elektronik pada Rabu (24/6).

Taufik menjelaskan, kuota jalur PPDB melalui zonasi sebanyak 50 persen, dengan jarak dari sekolah maksimal 6 Kilometer (Dibuktikan dengan Kartu Keluarga). Jalur afirmasi sebanyak 15 persen, berasal dari keluarga tidak mampu (Dibuktikan dengan KIP, PIP, PKH, JKN). Jalur perpindahan orang tua sebanyak 5 persen (Dibuktikan SK dari tempat orang tua bekerja) dan jalur prestasi sebanyak 30 persen (Rata-rata nilai raport dari kelas V semester 1 dan 2, kelas 6 semester 1 dan piagam penghargaan lomba tingkat kabupaten, provinsi dan nasional).

Namun, kata H. Taufik, jika jalur pendaftaran afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi tidak terpenuhi, maka penerimaan siswa baru dialihkan ke jalur zonasi yang terdekat dengan sekolah.

Sementara itu, panitia PPDB SMPN 1 Jawilan, Holid Tantowi Yaohari, M.Pd didampingi Ani Asmawati mengatakan pada hari ketiga dibukanya PPDB online, pendaftar yang sudah menyerahkan bukti pendaftaran sebanyak 228 anak dan masih ada tambahan yang belum di update.

 “Panitia menerima berkas verifikasi pendaftaran online dengan menyerahkan bukti pendaftaran. Calon Peserta Didik Baru dapat mengecek pendaftaran sementara di link ppdb.serangkab.go.id,” kata Ani.

Para pendaftar, lanjut Ani, berasal dari sekolah dasar terdekat seperti SDN Jawilan sebanyak 51 anak, SDN pasir Buyut 1 sebanyak 40 anak dan sekolah dasar lainnya. (Mur/dam)