Pelajar Dihimbau Jauhi Narkoba

Pelajar Dihimbau Jauhi Narkoba
Nampak seorang Jaksa saat memberikan materi pada penyuluhan hukum pada pelajar.

LEBAK |TR.CO.ID

Kejaksaan Negeri Lebak menghimbau pelajar di Lebak untuk menjauhi Narkoba. Karena, efek yang ditimbulkan setelah menggunakan barang terlarang tersebut sangat membahayakan bagi tubuh manusia, terlebih pelajar kini kerap dijadikan target oleh  bandar dengan tujuan merusak generasi bangsa sejak dini.

“Kami imbau pelajar di Kabupaten Lebak jangan coba coba menggunakan Narkoba. Karena efeknya sangat berbahaya, jadi, untuk menghindari penyalahgunaan Narkoba, hendaknya pelajar mengetahui ciri ciri Narkoba,” kata Rans Fismy, Plh Kejari Lebak, yang juga Kasie Intelejen, kepada wartawan, Selasa (05/04/2022). 

Untuk itu, lanjut Rans, guna mengetahui lebih lanjut terkait modus operandi dan efek yang ditimbulkan setelah menggunakan Narkoba, pihak Kejari kata Rans, melakukan penyuluhan hukum diberbagai sekolah yang ada di Lebak. Sehingga dengan adanya penyuluhan tersebut, seluruh civitas akademik disekolah, mulai dari kepala sekolah, dewan guru, pegawai, siswa dan siswi dapat dengan jelas mendapatkan pemaparan dari narasumber  tim Intelejen Kejaksaan Negeri Lebak.

Saat ini, lanjut Rams Fismy lagi, Kabupaten Lebak merupakan daerah yang kerap dijadikan mangsa empuk pemasaran  narkoba. Hal itu disebabkan, kondisi wilayah Lebak yang berdekatan dengan perbatasan lintas Provinsi, mulai dari DKI dan Jawa Barat.

“Penyuluhan juga guna meningkatkan kesadaran sekolah untuk bersama sama meminimalisir peredaran Narkoba, serta diharapkan dapat berperan serta dalam menciptakan lingkungan sekolah bebas Narkoba, sehingga meningkatkan daya tangkal terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap, khususnya dikalangan pelajar,” tukasnya.

Selain memaparkan materi tentang peredaran Narkotika berdasarkan undang undang Nomor 35 tahun 2009, Jaksa juga menjelaskan peran dan fungsi Kejaksaan berdasarkan UU Nomor 11 tahun 2021 tentang Kejaksaan perubahan atas UU Nomor 16 Tahun 2004.    

“Selain penyuluhan Narkoba. Kita juga memberikan pemahaman kepada dewan guru dan pelajar, tentang peran dan fungsi Kejaksaan, sehingga mereka bisa mengetahui apa tugas jaksa,” ucap Rans lagi.

Abdul Malik, Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, mengapresiasi penyuluhan hukum yang dilakukan oleh Kejari Lebak. Karena, dengan adanya penyuluhan tersebut, dewan guru dan pelajar dapat mengetahui bahaya yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi Narkoba. (eem/ris)