Pelaku UMKM Dapat Pelatihan dari HIPPI Tangerang

Pelaku UMKM Dapat Pelatihan dari HIPPI Tangerang
Ketua Umum HIPPI Kabupaten Tangerang Sapri, Kadis P2PA H. Asep Jatniko Sutrisno, Kadis Koperasi dan UMKM Nurul Hayati, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Ujang Sudiartono dan Ketua APDESI Provinsi Banten Surta Wijaya / Wilki Irawan_ Harian Tangerang Raya.

KOTA TANGERANG | TRM

Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat edukasi ke wirausahaan dari Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Badan Pengurus Cabang Kabupaten Tangerang, dengan menerapkan protokol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah, palaku usaha tampak antusias mengikuti rundown acara.

Pelatihan bagi para pelaku usaha yang di bungkus dengan seminar bertema "The New Me" di gelar disalah satu hotel di tangerang, Sabtu (24/10/20). Di hadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2PA) Kabupaten Tangerang H.Asep Jatniko Sutrisno, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Nurul Hayati, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ujang Sudiartono, Ketua Pengurus Gerakan Organisasi Wanita (GOW) yang di wakili oleh Wiwin Heni juga hadir Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Banten Surta Wijaya.

Ketua Umum HIPPI Kabupaten Tangerang Sapri menjelaskan, kegiatan itu untuk memberikan dukungan peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM agar bisa eksis dan tumbuh di masa pandemi.

Lewat seminar "The New Me" sambung Sapri, strategi usaha yang telah dimiliki para pelaku UMKM akan diasah dan digodok sehingga lebih matang dan tahan banting ketika dipraktikkan. memberikan kisi-kisi usaha yang dapat diaplikasikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

"Peserta nya ada sekitar 50 pelaku UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang, tujuan acara ini adalah untuk membangkitan semangat bagi para pengusaha di suasana pandemi covid 19, Kita juga melakukan pendampingan program pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi para pelaku UMKM," terang Sapri yang juga Anggota DPRD Kabupaten Tangerang.

Ia menjelaskan, usaha mikro memegang peranan penting sebagai salah satu tulang punggung perekonomian masyarakat, oleh karena itu berbagai hambatan dalam mengakselerasi usaha perlu diatasi dengan beragam cara, UMKM yang eksis dan mampu mempertahankan omzet penjualannya.

"Jadi melaui seminar ini rekan - rekan pelaku usaha bisa mendapat gambaran dan motivasi tentang bagaimana mempertahan pendapatannya, sehingga bisa menembus pasar yang lebih luas,” imbuh Politis PKS ini.

Sapri berharap dengan seminar ini, diharapkan ada peningkatan cara pandang dan kapasitas pelaku UMKM  untuk tetap optimis. Dan kegiatan edukasi untuk pengembangan bagi para pelaku usaha yang berada di kota berjuluk seribu industri sejuta jasa itu dapat terus dilakukan secara berkesinambungan serta terus didukungan oleh pemerintah daerah (Pemda)

"Kita berharap sinergitas dengan Pemda melalui dinas terkait terus terjalin untuk kemakmuran masyarakat kabupaten tangerang," pungkasnya.

Pantauan di lokasi, Sebagai bentuk apresiasi Para peserta juga mendapatkan sertifikat The New Me Workshop yang di tanda tangani langsung oleh Ketua Umum HIPPI Kabupaten Tangerang Sapri, S.Sos  dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang  Ir.H.Asep Jatniko Sutrisno, MM. (fuad/wil/dam)