Peluang Besar Rano-Zaki

Peluang Besar Rano-Zaki
Zulfian Hanif  Direktur Lembaga Survei Paradigma Indonesia.

Heboh : Pilgub 2024

 TANGERANG | TR.CO.ID

Kemesraan Rano Karno dan Ahmed Zaki Iskandar saat menghadiri Festival Cengkok di Kabupaten Tangerang, Minggu (31/7) Kemarin membuat publik penasaran dan bertanya - tanya apakah ke akraban kedua tokoh poltik senior tersebut merupakan sinyal koalisi untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024, terlebih saat ini sudah memasuki tahapan Pemilu.

Pengamat Politik yang juga Direktur Lembaga Survei Paradigma Indonesia Zulfian Hanif saat dimintai tanggapan terkait hal tersebut berpandangan, poros koalisi Pilgub Banten kali ini cukup menarik dan lebih terbuka, munculnya isu Zaki-Rano sebagai calon gubernur dan wakil menjadi jalan tengah kekosongan calon poros Tangerang, setelah DPD Golkar Banten secara terbuka mengumumkan Airin menjadi cagub dari Partai Golkar.

"Menariknya jika Zaki maju dengan Rano Karno, artinya Zaki siap di warnai merah untuk kepentingan Pilkada gubernur," kata Zufian kepada Harian Tangerang Raya, Senin (1/8/22).

Namun, sambung Zulfian, apakah Zaki Iskandar mau menjadi wakilnya Rano Karno atau sebaliknya Rano Karno mau menjadi wakilnya Zaki.

"Sementara ini dua kutub berbeda, Rano Karno punya nilai jual pernah menjabat sebagai gubernur Banten sementara Zaki dua periode sebagai bupati Tangerang, suatu keniscayaan jika kedua tokoh ini bisa bersatu. Ini menjadi kekuatan yang dahsyat dan bisa jadi menjadi pemenang nanti," bebernya.

Zulfian menambahkan, sementara kita bisa melihat peta lain diluar keduanya ada Airin, Iti Octavia Jayabaya, Arief Wismansyah, Heldi Agustian, Badri usuludin dan tentu saja Wahidin Halim.

"Karena jika melihat peta Pilkada Gubernur dua periode yang lalu, paketnya harus Tangerang dan Serang Raya. Keduanya harus mewakili dua kutub ini,  nah ini yang menjadi masalah di Zaki - Rano atau Rano - Zaki, karena secara teritorial mereka mewakili Tangerang Raya," imbuhnya.

Kata Zulfian, tentu yang menjadi perhatian juga kita tidak boleh mengesampingkan Wahidin Halim selaku Gubernur Incumbent.

"Karena WH ini menjadi magnet politik di Tangerang Raya, ada beberapa legacy yang sudah dia torehkan semenjak  jadi Gubernur, salah satunya percepatan pembangunan di Banten. Alih - alih mendorong Airin ternyata publik masih berharap WH- ANDIKA ini juga menjadi menarik untuk dikaji," paparnya.

Dimintai tanggapan Rano - Zaki lebih berpeluang untuk Pilgub DKI atau Banten ?

Pria yang juga pengusaha muda ini berpandangan, Rano - Zaki lebih berpeluang untuk bertarung di Banten dibandingkan DKI, karena pasarnya kedua tokoh tersebut ada di Banten, dan secara pengalaman politik mereka punya jejak rekam di Banten dan Tangerang.

"Berat bagi Zaki atau Rano bertarung di DKI, karena pilkada DKI pasarnya cukup terbuka dan segmentasi pemilih nya berbeda dengan Banten mereka harus kerja ekstra jika mau bertarung di DKI," demikian Zulfian.

Seperti diketahui, Festival Cengkok di Kabupaten Tangerang Rano Karno yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI Komisi X, datang menggunakan satu mobil bersama Zaki ke acara pameran usaha mikro kecil menengah (UMKM) masyarakat di Kampung Cengkok, Kabupaten Tangerang.

Saat ditanya kedatangan mereka berdua dalam acara tersebut merupakan rangka persiapan maju sebagai Gubernur Banten atau DKI Jakarta, Rano dan Zaki kompak tersenyum sumringah.

“Masih jauh (sambil tertawa),” kata Zaki. 

Saat ditanya pendapatnya mengenai Rano Karno, Zaki menyebut Rano Karno seperti abangnya sendiri.

“Kalo Pak Rano Karno ini kan Abang saya,” imbuhnya.

Sementara Rano Karno saat ditanya tentang Zaki, Rano mengatakan Ayahanda dari Zaki, yakni Ismed Iskandar, merupakan mentor dirinya.

“Tanpa bantuan ayah beliau saya gak akan jadi politisi. Saya tahun 2008 menjadi Wakil Bupati Kabupaten Tangerang, bersama ayah beliau. Ayah beliau adalah mentor saya,” ungkapnya.

“Mau ke kiri ke Banten atau ke kanan ke Jakarta, kita liat aja nanti, tergantung arahan,” tambah Rano.

Seperti dikethui sebelumnya, keduanya merupakan politisi yang namanya digadang-gadang dan muncul dalam sejumlah survey sebagai calon Gubernur Banten maupun DKI Jakarta pada 2024.

Dalam Festival tersebut Rano Karno, Zaki Iskandar, bersama Teten Masduki membuka acara yang bertujuan untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat tersebut. (dam/ris)