Pembangunan Penanganan Abrasi Panatai Sumur Diduga Proyek "Siluman"

Pembangunan Penanganan Abrasi Panatai Sumur Diduga Proyek

PANDEGLANG | TR.CO.ID

Pembangunan pengamanan pantai sumur  di Desa Cigarondong dan Tunggal Jaya, kecamat Sumur, Kabupaten Pandeglang,  Pengolaan SDA dan Pengolaan jaringan sumber daya air di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten diduga proyek "Siluman".  Pasalnya pekerjaan yang sudah berjalan hampir dua minggu itu tanpa papan nama proyek.

Salah satu Aktifis di Kabupaten Tangerang Konsen menyoroti tersebut, Adit Sama, ketua  Lembaga Swadaya Masyarakat Kualisi Masyarakat Anti Korupsi (LSM KAMPAK) mengatakan, bahwa proyek yang dibangun pemerintah dinilai proyek Siluman, sebab sama sekali tidak terpasang papan nama informasi proyeknya saat melaksankan kegiatan proyek.

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggarannya,” tegasnya, Selasa (2/8/22).

Semestinya, sambung Adit, pihak pemborong atau kontraktor harus memasang terlebih dahulu plang Informasi.

"Sesuai amanah Undang - undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 tahun 2012 dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai Negara wajib memasang papan nama proyek. Dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan," bebernya.

“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparasi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan,” tukas Adit. (yan/jat/dam)