Pemeriksaan Ramp Check Bus dilakukan H-7 

Pemeriksaan Ramp Check Bus dilakukan H-7 
 Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang ada di terminal Mandala Rangkasbitung. 


Persiapan Angkutan Lebaran 2022


LEBAK | TR.CO.ID

Pemeriksaan ramp check kendaraan bus antarkota antar provinsi (AKAP) di Terminal Mandala Rangkasbitung Kabupaten Lebak, akan dilakukan H-7 hari Raya Idul Fitri. Pemeriksaan uji kelayakan kendaraan guna mempersiapkan angkutan Lebaran 2022, karena dipastikan pemudik melonjak. 

"Kami berharap pemeriksaan ramp check terhadap armada kendaraan itu berjalan lancar," kata Kepala Terminal Bus Mandala Rangkasbitung, Muksin, kemarin.

Masih katanya, kendaraan bus angkutan Lebaran tentu harus layak jalan untuk memberikan perlindungan keselamatan jiwa pemudik. Pemeriksaan bus AKAP itu dilakukan oleh tim pengujian kendaraan bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Provinsi Banten. 

Biasanya, lanjut Muksin, pemeriksaan itu di antaranya kelengkapan surat kendaraan hingga cek fisik serta beberapa kriteria lain, seperti fisik kendaraan secara visual juga ban, rem, wiper, lampu dan pemecah kaca.

"Jika kendaraan itu tidak layak jalan maka direkomendasikan untuk tidak beroperasi untuk mengangkut calon penumpang," ujarnya.

Menurut dia, Lebaran tahun 2022 kini pemerintah melonggarkan calon penumpang Terminal Bus Mandala Rangkasbitung dibandingkan dua tahun lalu dilarang. Namun, syarat calon penumpang yang hendak mudik harus sudah menjalani vaksinasi dosis ketiga yakni booster.

Selain itu juga para sopir dan awak bus AKAP akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak. 

Di samping juga dilakukan pemeriksaan dari Badan Nasional Narkotika (BNN) Pemprov Banten. Pemeriksaan oleh BNN itu dengan mengambil urine pengemudi untuk mengetahui adanya kandungan zat narkoba. 

"Jika sopir itu positif terpapar narkoba maka direkomendasikan tidak boleh mengemudikan kendaraan angkutan Lebaran," terangnya.

Ia menghimbau sopir dan awak bus juga pemudik harus disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Peringatan imbauan prokes untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Bahkan, terminal Bus Mandala Rangkasbitung juga melayani vaksinasi dengan koordinasi Puskesmas Mandala. 

"Kami melayani vaksinasi untuk memudahkan warga guna mendukung program pemerintah," pungkasnya.

Terpisah, Oman Saputra (37) seorang warga Lebak mengharapkan agar armada angkutan mudik harus dalam keadaan layak. Karena, hal tersebut untuk keselamatan penumpang. (jat/ris)