Pemkab Gelar Rakor Penyelesaian Lahan Warga Tedampak Banjir

Pemkab Gelar Rakor Penyelesaian Lahan Warga Tedampak Banjir

LEBAK | TRM

Pemerintah Kabupaten Lebak menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tindaklanjut penyelesaian lahan warga yang terdampak bencana di Kabupaten Lebak. Di Rahaya Resto Rangkasbitung, Jum'at (13/11)

Pembahasan tersebut dilakukan bersama Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jajaran Direktur Pengukuhan dan Penatagunaan Kawasan Hutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekontruksi, Serta BNPB RI.

Dikatakan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebak, Dede Jaelani, bahwa ada beberapa kendala yang di hadapi Pemerintah Kabupaten Lebak dalam pemenuhan lahan relokasi bagi warga terdampak bencana tersebut.

"Kendala Pemkab Lebak itu karena lahan untuk tempat relokasi itu adalah lahan TNGHS dalam zona rimba. Yang berfungsi sebagai hutan produksi," kata Dede.

Meski begitu, Sekda Lebak berharap, dengan dilaksanakannya Rakor ini, percepatan penyelesaian lahan untuk warga terdampak bencana tersebut, dapat memperoleh lahan sebagaimana luas yang diperlukan.

"Semoga dapat digunakan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Kemudian lahan dan bangunan tersebut akan diserahkan kepada masyarakat korban bencana," harapnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Sugeng Harmono, menyampaikan bahwa Kemenko Manves akan senantiasa memfasilitasi Pemkab Lebak dengan Lembaga terkait dalam menyelesaikan permasalahan lahan relokasi bagi warga terdampak bencana.

Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa Kabupaten Lebak telah dilanda bencana banjir bandang dan tanah longsor pada 1 januari 2020. Kejadian tersebut menimpa sejumlah Kecamatan.

Diantaranya, Kecamatan Lebakgedong, Kecamatan Sajira, Kecamatan Cipanas, Kecamatan Curugbitung, dan Kecamatan Cimarga. Dalam proses penanganan bencana, saat ini memasuki masa transisi pemulihan dan paska bencana. Pemkab Lebak secara bertahap akan merelokasi warga terdampak dengan skema pembangunan hunian tetap. (aji/zal/dam)