Pemkab Tangerang Kembali Raih Penghargaan Penerapan Sistem Merit

Pemkab Tangerang Kembali Raih Penghargaan Penerapan Sistem Merit

TANGERANG | TR.CO.ID

Pemerintah Kabupaten Tangerang kembali meraih Penghargaan Penerapan Sistem Merit bagi Instansi Pemerintahan dengan kategori 'Baik' dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk tahun 2021.

Pemerintah Kabupaten Tangerang dinilai berhasil mengembangkan Sistem Merit atau manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

"Alhamdulillah, Pemkab Tangerang kembali meraih predikat 'Baik' di tingkat nasional dengan nilai akumulasi 276 poin dari seluruh Instansi Pemerintahan, baik Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota di daerah se-Indonesia," ucap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Hendar Herawan, Selasa (7/12/2021).

Dia mengatakan, Pemkab Tangerang memiliki kenaikan nilai akumulasi yang signifikan di tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tahun lalu kita juga berada pada kategori 'Baik', namun terdapat kenaikan nilai akumulasi dari tahun sebelumnya yakni senilai 251,5 poin, sehingga dengan adanya peningkatan nilai akumulasi ini bisa menjadi motivasi bagi semua Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Tangerang untuk lebih meningkatkan kinerjanya lagi di tahun 2022," jelasnya.

Hendar juga menjabarkan bahwa terdapat delapan aspek yang menjadi penilaian dalam pemberian penghargaan Meritokrasi tersebut.

"Delapan aspek yang menjadi penilaian, mulai dari pelaksanaan kepegawaian sampai pemberian kesehjateraan terhadap ASN, penilaiannya menggunakan self assessment, dengan mengisi 37 sub-aspek instrumen yang telah ditetapkan untuk kemudian diverifikasi oleh KASN," tutur Hendar.

Dia berharap agar ke depannya para ASN di Kabupaten Tangerang bisa terus berbuat baik dan para ASN selalu mampu untuk meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu. (dam/ris)