Pemkab Tetapkan 15 Lokasi Khusus Turunkan Stunting 

Pemkab Tetapkan 15 Lokasi Khusus Turunkan Stunting 

TANGERANG | TR.CO.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menetapkan 15 lokasi khusus (lokus) penurunan stunting sebagai upaya percepatan, pencegahan, dan penanggulangan stunting di Kabupaten Tangerang. Ada penambahan lokus yang tadinya hanya 10 menjadi  15 titik dengan harapan agar angka stunting di Kabupaten Tangerang terus menurun.

Penetapan 15 lokus penurunan stunting ditandatangani dinas terkait yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) pada acara Rembuk Stunting Tahun 2022 yang bertempat Hotel Lemo, Kecamatan Kelapa Dua, Rabu (18/05/22). 

Kepala DPPKB Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna membuktikan kesungguhan Pemkab Tangerang dalam rangka pencegahan, penanggulangan dan juga penanganan stunting di Kabupaten Tangerang.

"Rembuk stunting tingkat Kabupaten Tangerang ini adalah langkah aksi ke 3 dalam hal percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tangerang, yang dimana pada aksi 1 dan 2 kita sudah lakukan yaitu adalah analisia situasi perencanaan kegiatan yang akan dilaksanakan," ujarnya

Selain itu, rembuk stunting ini juga dilakukan untuk menentukan komitmen-komitmen dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tangerang. Dalam kegiatan ini, dinas terkait yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) juga melakukan penandatanganan komitmen bersama rembuk stunting Kabupaten Tangerang. Penanggulangan stunting di Kabupaten Tangerang merupakan tugas bersama yang harus dilakukan oleh lintas sektor. 

Hendra mengatakan, upaya untuk menurunkan stunting bukan hanya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan gizi dan kesehatan saja. Namun, beberapa program yang dilakukan, antara lain, pemenuhan sarana air bersih, sanitasi yang layak, ketahanan pangan keluarga dan pola asuh dalam keluarga. 

"Dalam kegiatan ini, TPPS Kabupaten Tangerang juga menentukan 15 Lokasi Khusus (Lokus) penurunan stunting di wilayah Kabupaten Tangerang, yang di mana memang ada penambahan lokus yang tadinya hanya 10. Diharapkan dengan adanya penambahan lokus ini angka stunting di Kabupaten Tangerang dapat menurun," ucapnya.

Berikut ini adalah lokus yang di tetapkan oleh TPPS Kabupaten Tangerang dalam melakukan upaya penurunan stunting pada tahun 2022 :

1. Desa Mekarsari Kecamatan Rajeg. 2. Desa Saga Kecamatan Balaraja. 3. Desa Sukamantri Kecamatan Pasar Kemis. 4. Desa Suradita Kecamatan Cisauk. 5. Desa Pasanggrahan Kecamatan Solear. 6. Desa Kadu Kecamatan Curug. 7. Desa Pasir Nangka Kecamatan Tigaraksa. 8. Desa Gelam Jaya Kecamatan Pasar Kemis. 9. Desa Cikasungka Kecamatan Solear. 10. Desa Rajeg Mulya Kecamatan Rajeg. 11. Desa Pangkalan Kecamatan Teluknaga. 12. Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur. 13. Desa Sindang Panon Kecamatan Sindang Jaya. 14. Desa Rajeg Kecamatan Rajeg. 15. Desa Sindang Asih Kecamatan Sindang Jaya. (fj/dam)