Pemkot Tanggung Biaya Perawatan Iyos Sampai Sembuh

Pemkot Tanggung Biaya Perawatan Iyos Sampai Sembuh
(istimewa)

TANGERANG | TR.CO.ID 

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menanggung biaya perawatan Orang Telantar (OT) di Flyover Kebon Nanas, Kota Tangerang, bernama Iyos, 52, asal Cianjur, Kabupaten Bogor sampai sembuh.

Iyos yang didiagnosis memiliki penyakit Tuberkulosis (TBC) atau TB Paru dirawat di RSUD Kota Tangerang setelah dievakuasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Sosial Kota Tangerang.

Direktur RSUD Kota Tangerang dr. Ou Taty mengatakan, pasien Iyos dalam kondisi yang memerlukan penanganan kesehatan intensif.

“Pasien kami terima sekitar pukul 21.00 WIB (kemarin malam) di IGD dan langsung kami lakukan penanganan sesuai dengan indikasi gawat darurat medis. Mulai dari, pemberian oksigen, terapi cairan, obat-obatan, serta pemeriksaan laboratorium,” jelasnya, Rabu, (3/8/2022).

Diutarakan, saat ini kondisi pasien Iyos sudah sadar dan sudah bisa menerima pertanyaan dari tim Dinas Sosial terkait assessment identitas.

“Saat ini pasien sudah sadar dan tengah ditangani oleh dokter spesialis paru di ruang rawat inap lantai delapan Ulin satu,” ujarnya. 

Adapun terkait biaya penanganan medis, katanya, seluruh perawatannya akan ditanggung Dinas Kesehatan melalui APBD Kota Tangerang hingga pasien sembuh. (ali/ris)