Penjual Kolang-kaling Banjir Pesanan Saat Ramdhan

Penjual Kolang-kaling Banjir Pesanan Saat Ramdhan
Penjual Kolang-kaling Banjir Pesanan Saat Ramdhan

LEBAK | TR.CO.ID

Kolang-kaling merupakan kuliner khas yang muncul setiap kali bulan ramadan. Kolang-kaling yang biasa disajikan dalam olahan kolak ataupun es buah.

Salah satunya di Kampung Rancawiru, Desa Sukamekarsari, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, yang warganya biasa mengolah kolang-kaling untuk dipasarkan.

Yusuf, salah satu pengusaha kolang-kaling mengatakan, produksi kolang-kaling sudah menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahunnya. Bahwa menjelang Ramadan dalam sehari bisa menghasilkan puluhan kilogram kolang-kaling segar yang siap di pasarkan.

“Jadi produksi kolang-kaling ini adalah produk musiman setiap menjelang bulan puasa saja. Jadi kalau bukan bulan puasa ya kita gak produksi,” ujar Yusuf  ditemui di tempat pengolahan kolang-kaling, Rabu (30/3/22).

Ia menjelaskan, biasanya saat puasa permintaan akan kolang-kaling cukup tinggi, setiap hari permintaan pasar bisa mencapai 1-2 kuintal.

“Untuk hargan sendiri, 1 liter kolang-kaling diharga Rp 10.000 di tempat,” paparnya.

Ia menambahkan, untuk setiap pengolahan kolang-kaling, kita memperkerjakan ibu-ibu warga sekitar.

“Dalam pengerjaannya kita kerjakan ibu-ibu, lebih banyak yang bekerja maka lebih banyak juga kolang-kaling yang dihasilkan,” imbuhnya. (eem/bn/dam)