PKG Paud Mentari Ciruas Lakukan Bimtek

PKG Paud Mentari Ciruas Lakukan Bimtek

SERANG | TRM

Pusat kegiatan Gugus (PKG) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mentari kecamatan Ciruas mengadakan bimbingan teknis (Bimtek). Kegiatan ini membahas tentang Sinkronisasi daftar peserta didik (Dapodik) versi 2021. Bimtek dihadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bidang PAUDikmas Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Serang dan para kepala sekolah dan operator PAUD se kecamatan Ciruas, Selasa (18/8).

Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bidang PAUDikmas Disdikbud kabupaten Serang, Janjusi mengatakan bunda PAUD dan operator Dapodik Paudikmas dalam pengisian dapodik versi 2021 setelah seluruh data terisi, tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah validasi data dan sinkronisasi Dapodik versi 2021.

“Sinkronisasi dapodik saat ini berbeda dengan sinkronisasi di semester lalu. Untuk Dapodik versi 2021, sinkronisasi dengan menggunakan aku kepala sekolah langsung. Sedangkan di semester lalu sinkronisasi secara langsung dapat dilakukan menggunakan akun dapodik atau akun operator sekolah,” kata Janjusi.

Oleh karena itu, lanjut Janjusi, para kepala sekolah PAUD dan operator dapodik yang masih belum paham atau mengalami kendala untuk melakukan sinkronisasi dapodik Paud Dikmas versi 2021 bisa diperdalam melalui bimtek ini.

“Penting untuk diketahui, sinkronisasi bisa dilakukan setelah seluruh data tidak ada yang invalid. Kemudian sebelum melakukan sinkronisasi rekan operator dapodik Paud Dikmas harus melakukan verifikasi akun kepala seklah terlebih dahulu melalui sp.datadik,kemendikbud.go.id. Setelah sinkronisasi dapodik berhasil, silahkan dicek progres atau hasil singkronisasi dapodik Paud masing-masing,” terangnya.

Salah satu peserta Bimtek mengaku manfaat bimtek ini sangat penting sekali bagi kepala sekolah PAUD dan operator dapodik dalam menginput data sehingga percepatan pemutakhiran data pada aplikasi Dapodik Paud Dikmas bisa di upload atau di onlinekan. (mur/dam)