PMI Kota Tangerang Kembali Membuka Sentra Vaksinasi Massal

PMI Kota Tangerang Kembali Membuka Sentra Vaksinasi Massal

TANGERANG | TR.CO.ID

Program vaksinasi massal masih terus massif dilakukan oleh PMI, khususnya oleh PMI Kota Tangerang dalam upaya mendukung program dari pemerintah. Dengan maksud dan tujuan menekan penyebaran virus covid-19 untuk bekal imunitas masyarakat terhadap kekebalan tubuh.

Penyelenggaraan vaksin yang dibuka oleh PMI Kota Tangerang bersama stakeholder yang berlokasi di Jalan Mayjen Sutoyo No. 15 Sukarasa Kota Tangerang yang dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan selesai cukup memantik perhatian lebih terhadap masyarakat sekitar. Karena banyak masyarakat juga yang membutuhkannya, entah membutuhkan dosis pertama atau dosis kedua.

Vaksin yang dilaksanakan pada Sabtu (4/12) cukup menarik perhatian lebih dari masyarakat kota Tangerang atau bahkan ada juga dari Jakarta yang berbondong-bondong datang untuk mendapatkan dosis pertama maupun dosis lanjutan.

PMI Kota Tangerang bersama stakeholder yang didalamnya seperti Crew Ambulans, KSR (Korps Sukarela), Unit Donor Darah, dan Tenaga Dokter dari luar telah menyiapkan sekitar kurang lebih 900 vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

Pelaksanaan vaksin Sabtu (4/12) diberikan secara bertahap yakni Sinovac untuk dosis 2, Pfizer untuk dosis 1 dan 2, dan Moderna untuk dosis 2. Yang mana sentra Vaksin PMI Kota Tangerang ini tidak menetapkan target harian, karna vaksin dilaksanakan hanya untuk mengejar sisanya saja atau masyarakat yang belum divaksin.

Dr. Dian dari salah satu Unit Donor darah mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan bentuk upaya untuk pemerataan vaksin terhadap masyarakat agar semua masyarakat mendapatkannya.

“Penyelenggaraan vaksin ini tidak menetapkan target, hanya mengejar sisanya saja bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi entah dosis 1 atau dosis 2 nya saja. Sentra Vaksin PMI Kota Tangerang pun mendapatkan bantuan dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang dan Instalasi Farmasi,“ ujarnya.

Dr. Dian menambahkan, program akan dilanjut secara rutin sampai pertengahan bulan Desember, karna sekitar tanggal 23 Desember 2021 nanti sudah alih fokus ke hari besar Natal serta libur akhir tahun. Lalu akan program vaksin akan dilanjut kembali pada bulan Januari. 

"Spesial tanggal 4 Desember 2021 ada moderna, dan kuota untuk moderna tidak terbatas karna memang pada saat ini moderna sangat dicari-cari oleh masyarakat, “ tambahnya.

“Penyelenggaraan pun biasanya dilaksanakan di hari libur atau weekend saja, karna sentra vaksin di puskesmas libur sehingga masyarakat banyak yang hadir atau datang ke sentra vaksin yang diadakan oleh PMI Kota Tangerang ini,” ucap Dr. Dian. (ali/ris)