Polda Banten Gelar Pelatihan Keterampilan

Polda Banten Gelar Pelatihan Keterampilan

ANYER | TR.CO.ID

Polda Banten gelar kegiatan pembekalan dan pelatihan ketrampilan bagi Pegawai Negeri pada Polri menjelang purna tugas yang diselenggarakan oleh Biro Sumber Daya Manuasia (SDM) Polda Banten di Hotel Mambruk, Anyer pada Selasa (23/11). Adapun tema dalam kegiatan ini yaitu Pensiun Siap Bahagia, Siap merupakan singkatan dari sehat, ikhlas, aktivitas bermanfaat dan produktif.

Hadir dalam kegiatan ini Wakapolda Banten BJP Ery Nursatari,  Area Bussiness Leader Tangerang PT. BTPN Timbul Siregar, Penyuluh Pertanian Muda Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Suyatno, Ketua PP Polri Daerah Banten KBP (Purn) Hj Djasmarni, Kepala Kantor Asabri Cabang Serang Sarwoko beserta Pejabat Utama Polda Banten (PJU) dan peserta yang merupakan anggota Polri dan PNS yang menjelang purna dalam 3 tahun ke depan di Polda Banten dan Polres jajaran.

Wakapolda Banten BJP Ery Nursatary membuka secara langsung acara tersebut. Dalam sambutannya Ery mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan bekal kepada para anggota Polri dan PNS yang akan memasuki masa purna tugas untuk bisa tetap produktif. "Hari ini Polda Banten memberi pembekalan dan pelatihan ketrampilan bagi Pegawai Negeri pada Polri menjelang purna tugas di Polda Banten. Kita harus persiapkan 3 atau 4 tahun sebelum personel pensiun sehingga apa yang akan kita lakukan setelah pensiun sudah dengan matang dipersiapkan," ujar Ery.

Kegiatan pembekalan ini dilakukan sebagai langkah pembinaan sumber daya manusia pegawai negeri pada Polri dalam menghadapi masa pra pengakhiran dinas, yang bertujuan untuk menanamkan ketrampilan dan keahlian, sehingga dapat membantu psikologis, mental maupun fisik serta motivasi dari setiap personel pegawai negeri pada Polri.

“Purna tugas menjadikan suatu semangat baru karena kita akan menghadapi kehidupan baru. Jangan cemas pasti ada perubahan dari pola hidup kita, sebagai anggota Polri kita akan menjadi masyarakat biasa. Tentunya ini harus dinikmati oleh teman-teman semuanya," ucapnya.

Selain Wakapolda Banten, Area Bussiness Leader PT BPTN, Timbul Siregar juga memberikan apresiasi kepada Polda Banten atas kerjasama sebagai mitra dalam pembekalan keterampilan bagi personel Polda Banten yang akan purna tugas. “BTPN juga dapat menstimulasi modal usaha yang dibutuhkan personel dalam mengembangkan wirausahanya,” kata Timbul Siregar.

Dalam sambutan berikutnya, Kepala Kantor Asabri Cabang Serang memotivasi personel untuk mengembangkan usaha dari asuransi yang telah dibayarkan di Asabri selama masa dinas. “Semua hak-hak personel dari Asabri
akan diberikan saat awal purna, sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan usaha,” kata Sarwoko.

Dalam kegiatan ini, Biro SDM Polda Banten sudah mempersiapkan narasumber dari berbagai instansi dan lembaga, seperti dari Dinas Pertanian Provinsi Banten yang akan memberikan materi tentang bercocok tanam. Selain itu ada juga materi dari PT. Mahakarya Berkah Madani yang sukses dari wirausaha madu dari lebah Klanceng. "Materi pembekalan dari beberapa nara sumber diharapkan dapat membuka wacana bagi personel jelang purna tugas untuk berani berwirausaha,” kata Karo SDM Polda Banten Kombes Pol Arif Fajarudin. Bahkan para peserta dimotivasi untuk mengeksplor seluas mungkin informasi dari nara sumber untuk bekal informasi bagi peserta. “Silahkan bertanya seluas mungkin kepada narasumber karena informasi tersebut penting sebagai bekal rekan-rekan,” kata Arif.

Arif berharap kepada rekan-rekan peserta pelatihan agar bisa mengikuti kegiatan dengan sunguh-sungguh. "Rekan-rekan jadikan hari ini hari yang bahagia, jangan jadikan kegiatan ini membosankan dan tegang, ikuti dengan antusias," tutup Arif. 
(man/Hel)