Puluhan Lapak di Pasar Ciputat Terbakar

Puluhan Lapak di Pasar Ciputat Terbakar
ISTIMEWA

TANGSEL | TR.CO.ID

Puluhan lapak pedagang di area pasar Ciputat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) hangus terbakar, tepatnya persis di belakang Plaza Pasar Ciputat, Rabu (11/5) sore. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Saat kebakaran terjadi, aktivitas perniagaan dan lalu lintas kendaraan di kawasan itu tengah ramai. 

Kebakaran memicu kepanikan. Teriakan minta tolong dan asap tebal yang membubung membuat suasana jadi mencekam.

Ginting, penjual sembako di pasar itu langsung kembali bergegas ke lapak dagangannya, untuk mengamankan seluruh barang yang ada di kiosnya.

"Saya tahu pasar kebakaran jam 4 sore, saat itu toko sudah tutup. Saya balik ke pasar mau selamatkan barang-barang, Alhamdulillah toko saya aman," ungkapnya.

Setelah memastikan kios sembakonya aman dari api, Ginting dan ratusan pedagang lain berusaha ikut memadamkan api. Mereka berusaha menjinakkan si jago merah dengan peralatan seadanya sembari menunggu petugas Dinas Pemadam Kebakaran tiba.

Seluruh jaringan kabel listrik pun terpaksa diputus, agar korsleting tidak merembet ke lapak-lapak lain yang ada di pasar itu.

"Panik, sepanik-paniknya. Kami semua berusaha memadamkan api dengan air yang seadanya dan kabel-kabel semua kita putus, takut merambat," imbuhnya.

Eko, petugas Trantib Kecamatan Ciputat yang ikut mengamankan lokasi menerangkan bahwa kebakaran di pasar itu terjadi kurang lebih sekitar pukul 15.45 WIB. Area yang terbakar itu merupakan tempat penggilingan bakso, ikan,ayam lapak penjual daging, sayur dan sembako.

Komandan Peleton (Danton) Grup Bravo Damkar Kota Tangsel, Nurudin mengungkapkan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menerjunkan 19 unit mobil pemadam untuk memadamkan api di Lapak Pasar Ciputat.

“13 unit dari Tangsel, bantuan 5 unit dari DKI Jakarta, dan 1 unit dari Depok, total ada 19 unit pemadam,”  paparnya.

Ia menjelaskan, pihaknya menerima laporan kebakaran sekira pukul 16.15 WIB, dan saat ini situasi sedang dalam proses pendinginan. “Sekarang masih proses pendinginan dan api berhasil di padamkan,” imbuhnya. (wan/tmn/dam)