Rakernas I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Resmi Dibuka

Rakernas I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Resmi Dibuka

SEMARANG | TR.CO.ID

Rakernas I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) secara resmi di buka Komisioner Dewan Pers Agung Dharmajaya, Kamis, (11/11/21).

Saat pembukaan Agung mengatakan, tidak lama lagi JMSI akan menjadi konstituen Dewan Pers. Karena semua persyaratan dari Dewan Pers sudah dipenuhi.

“Insya Allah, JMSI akan segera menjadi konstituen Dewan Pers. Semoga sebelum HPN tahun depan, JMSI sudah masuk dalam kartu keluarga Dewan Pers,” ujarnya.

Di depan ratusan peserta Rakernas 1 JMSI dari seluruh Indonesia di Hotel Central Park View Semarang, Agung yang juga Ketua Dewan Pakar Pengurus Pusat JMSI ini menegaskan JMSI akan menjadi anggota konstituen Dewan Pers yang ke 11.

“Kepada Pengurus Pusat JMSI, saya harapkan tetap memonitor, jika ada kekurangan kekurangan dalam rangka proses menjadi konstituen Dewan Pers, silahkan dilengkapi,” pesannnya.

Sementara, Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Teguh Santosa menegaskan, misi penting hadirnya organisasi perusahaan media siber tidak sebatas menjadi konstituen Dewan Pers, namun jauh lebih dari itu adalah JMSI harus menjadi organisasi yang berkontribusi bagi terwujudnya pers yang sehat.

“Menjadi konstituten Dewan Pers memang penting bagi JMSI, tetapi mewujudkan komunitas pers yang sehat ditanah air, adalah tugas penting seluruh pengurus pusat hingga kepengurus daerah, kedepanya,” terangnya.

Untuk mewujudkan komunitas pers yang sehat, lanjutnya, harus diawali dengan perusahaan pers yang sehat dan pekerja atau wartawan yang profesional.

“Jadi kata kunci yang ingin saya garis bawahi disini adalah, JMSI harus mampu mewujudkan perusahaan pers yang sehat dan wartawan yang profesional,” tandasnya.

Untuk mewujudkan perusahaan pers yang sehat, keberadaan JMSI di daerah penting untuk memberikan dukungan terhadap keberadaan media di daerah agar senantiasa melengkapi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan, dan diatur oleh Dewan Pers.

Ketika perusahaan pers yang sehat sudah terbentuk, maka secara otomatis para pekerja atau wartawan yang bekerja di media itu akan profesional dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya.

“Inilah peranan penting proses lahir dan keberadaan JMSI di tanah air," tukasnya.

Hadir pula saat pembukaan, Ketua KPK Firli Bahuri, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar dan Wali Kota Semarang Hendar Prihadi.