Satpol PP Copot APK Pilkada

Satpol PP Copot APK Pilkada
Satpol PP Kota Tangsel saat membersihkan APK peserta Pilkada.

HEBOH: Masa Tenang 


TANGSEL | TR.CO.ID
Memasuki masa tenang jelang pencoblosan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Kota Tangerang Selatan 9 Desember mendatang. 
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK). Berbagai ukuran poster bakal calon Walikota Tangsel dibersihkan pada masa tenang ini sebelum tanggal 9 Desember 2020 masyarakat Tangsel mengadakan pencoblosan untuk memilih pimpinan daerahnya.
Seperti yang dilakukan tim gabungan melepas atribut kampanye yang masih terpasang di Wilayah Kecamatan, Serpong, Tangsel, Minggu (06/12).
Kepala Bidang Penegakan dan Perundang-Undangan Satpol PP Kota Tangsel, Sapta Mulyana, mengatakan penertiban APK tersebut dilakukan pihaknya sesuai dengan aturan yang berlaku pada perhelatan Pilkada 2020 Kota Tangsel. 
"Baliho paslon (pasangan calon) walikota dan wakil walikota yang kita tertibkan yang tidak sesuai dengan desain KPUD dan memasuki masa tenang," ujar Sapta kepada wartawan, Minggu (06/12).
Menurut Sapta, pihaknya menerjunkan ratusan personel Satpol PP Kota Tangsel saat penindakan berlangsung. Nantinya, ratusan personel Satpol tersebut bakal menertibkan sejumlah APK yang terpasang hingga H-1 masa pencoblosan. 
"Ada 100 anggota yang diturunkan. Sampai tanggal 8 akan muter terus kami," ucapnya. 
Diketahui, Satpol PP Kota Tangsel mencopot alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di sejumlah sisi jalan protokol. 
Sapta menjelaskan, kegiatan pencopotan APK tersebut telah dilakoni pihaknya sejak dua hari yang lalu. 
Menurutnya, dari kegiatan tersebut pihaknya mendapati sejumlah APK dari ketiga pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel yang melanggar ketentuan lokasi pemasangan sesuai arahan pihak Bawaslu Kota Tangsel. 
"Untuk pembersihan APK ini sudah kita lakukan berkali-kali, di mana dalam dua hari ini kita terus telusuri jalur-jalur utama seperti Jalur Pahlawan Seribu, kemudian arah Ciater ini sampai Gading Serpong," kata Sapta. 
"Dan kita sebelumnya sudah dari Gaplek sampai Pondok Cabe arah Pamulang, kita tertibkan bahwa semua APK yang tidak sesuai dengan ketentuan KPUD, sesuai dengan arahan Bawaslu kita tertibkan dan tidak pandang bulu, dari pasangan calon manapun kita tertibkan," imbuhnya.
Sementara itu, Calon Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie ketika dikonfirmasi terkait menghadapi masa tenang jelang pencoblosan mengatakan, dirinya mengajak seluruh pihak untuk rehat dan menurunkan tensi kontestasi selama masa tenang Pilkada Tangsel yang dimulai, Minggu (06/12).
Selama masa tenang, Bang Ben, demikian Benyamin Davnie biasa disapa, memilih untuk sejenak rehat. Salah satu tokoh pemekaran Kota Tangsel itu akan semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT selama masa tenang, termasuk menghabiskan waktu bersama keluarga sembari menyalurkan hobi seperti bermusik dan memancing.
“Mari kita memanfaatkan masa tenang ini dengan menurunkan tensi kontestasi, (termasuk) bermunajat kepada Allah SWT,” kata Benyamin, Sabtu (05/12).
Selain itu, Bang Ben yang menjabat sebagai Wakil Walikota Tangsel selama dua periode itu juga meminta masyarakat, terutama pemilih yang telah memiliki hak suara, untuk memanfaatkan masa tenang dengan memantapkan pilihan.
Disisi lain, Bang Ben turut menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh pihak, terutama pemilih, yang tak berkesempatan untuk dikunjungi secara langsung. Efek pandemi Covid-19, pertemuan tatap muka dibatasi jumlahnya.
Terpisah, Calon Wakil Walikota Pilar Saga Ichsan juga memanfaatkan masa tenang untuk semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT.
Arsitek berusia 29 tahun itu juga memanfaatkan masa tenang dengan memperbanyak waktu bersama keluarga.
“Mari kita turunkan tensi kontestasi selama masa tenang. Manfaatkan waktu ini untuk semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT,” kata Pilar.
Pilar juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan masa tenang untuk semakin memantapkan diri sebelum menentukan calon pemimpin Tangsel ke depan.
Selain itu, Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Provinsi Banten itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh partai pendukung dan pengusung, tim pemenangan, relawan, dan pendukung, termasuk mssyarakat yang sudah berusaha menjadikan kontestasi Pilkada Tangsel tetap berjalan aman, damai, dan riang gembira. (ars/jojo)