Sejumlah Tokoh Tangerang Utara 'Gerilya' Persiapkan Pemekaran

Sejumlah Tokoh Tangerang Utara 'Gerilya' Persiapkan Pemekaran
Sujumlah Tokoh Tangerang Utara Lakukan Diskusi.

TANGERANG | TR.CO.ID

Sejumlah Tokoh Tangerang Utara (Pantura) Kabupaten Tangerang Gerilya persiapkan pemekaran dengan menyiapkan prasyarat dan syarat untuk menempuh percepatan Daerah Otonomi Baru (DOB) Tangerang Utara. 

Hal itu terkuak saat melakukan diskusi yang dikemas dalam bingkai silaturrahmi, Sabtu (28/1/22), para tokoh, seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, Korwil Apdesi Utara di dampingi ketua Apdesi kecamatan Sepatan, Perwakilan BPD dan beberapa perwakilan mahasiswa yang notabene merupakan warga pantura.

Salah satu inisiator BKP DOB Tangerang Utara, Mohamad Jembar di mengatakan, bahwa langkah utama yang akan di ambil adalah mempersiapkan prasyarat dan syarat menuju DOB Tangerang Utara.

“Kita sepakati dulu bahwa diskusi pada hari ini adalah mempersiapkan prasyarat dan syarat bukan mendesak pemerintah daerah untuk menyetujui pemekaran wilayah,” kata Jembar, aktivis senior Tangerang Utara.

Menurutnya, bagaimana mungkin suatu daerah bisa di mekarkan tanpa adanya kajian yang jelas apalagi moratorium belum di cabut oleh pemerintah pusat, dia juga menambahkan bahwa infrastruktur yang memadai menjadi bagian dari syarat terbentuknya daerah otonomi baru.

“Maka pemerataan pembangunan Infrastruktur yang berkeadilan di wilayah Utara harus di dorong, kita sudah mempunyai rumah sakit, itu adalah aset dan sedang di upayakan agar bisa naik kelas, tinggal bagai mana kedepan kita dorong sarana pendidikan dan lain-lain, intinya kita fokus kepada mempersiapkan prasyarat dan syarat agar pada saat moratorium di cabut kita sudah siap segalanya,” beber Jembar.

Sementara, Korwil Apdesi wilayah Utara, Subur Maryono, menyambut baik dan mendukung penuh adanya organisasi Badan Koordinasi Percepatan Daerah Otonomi Baru (BKP DOB) Tangerang Utara yang di inisiasi oleh beberapa tokoh di pesisir utara.

“Intinya saya mendukung pemekaran Tangerang Utara dari kabupaten, karena saya juga dulu merupakan bagian dari salah satu pelaku yang pernah menyuarakan hal yang sama, atas nama pribadi dan organisasi Apdesi saya siap membantu pergerakan kawan-kawan untuk Utara yang lebih baik,” tuturnya. (fj/dam)