Siswa SMAN 8 Ikuti PAS Mulai Hari Ini

Siswa SMAN 8 Ikuti PAS Mulai Hari Ini
SMAN 8 Kota Tangerang

TANGERANG | TRM

Pandemi Covid-19 tidak membuat program pendidikan berhenti. Rencana kegiatan pembelajaran di sekolah, khususnya di SMA, tetap jalan terus. hal ini sesuai dengan kalender pendidikan yang telah ditetapkan.

Tak terkecuali di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Kota Tangerang, dimana mulai hari ini, Selasa, tanggal 1 hingga 8 Desember 2020 akan melaksanakan ujian penilaian akhir semester (PAS).

Kepala SMAN 8 Kota Tangerang, Drs.Arsil saat ditemui mengatakan, ujian PAS ini masih dilakukan secara daring belum dengan tatap muka. Namun demikian segala sesuatunya telah dipersiapkan.

"Semua perangkat yang maupun server disini sudah kita siapkan dengan baik, agar nantinya pelaksanaan PAS bisa berjalan dengan lancar," katanya, Senin, (30/11/2020).

Demikian pula dengan para siswa, kata Arsil, mereka sudah siap untuk melaksanakan PAS ini, karena selama ini, mereka tetap belajar seperti biasa walaupun dengan pembelajaran online.

"Jadi PAS ini adalah ujian atau penilaian dari hasil mereka belajar selama ini, kita ingin tau sejauh mana para siswa menyerap pembelajaran daring yang selama ini mereka lakukan," ujarnya.  

Arsil menambahkan, penilaian yang dilakukan guru terhadap siswa ada tempatnya sendiri. Ada penilaian harian yang dilakukan terhadap ketercapaian kompetensi yang diajarkan, lalu penilaian tengah semester melalui ujian tengah semester, dan penilaian akhir semester (PAS). Ketercapaian masing-masing kompetensi akan diakumulasikan menjadi ketercapaian mata pelajaran dalam satu semester.

"Selama pandemi Covid-19 dengan pembelajaran daring, proses pembelajaran kita tidak fokus betul untuk pencapaian KKM (kriteria ketuntasan minimal). Tapi jika proses pembelajaran itu bisa didesain dan disajikan dengan baik, otomatis KKM tercapai. Hal yang membedakannya sumber belajar. Dalam daring anak-anak bisa mengakses yang lain selain guru," katanya. (ris)