SMKN 4 Cilegon Akan Gelar Charakter Building

SMKN 4 Cilegon Akan Gelar Charakter Building
Kepala SMKN 4 CILEGON

CILEGON | TR.CO.ID

SMK Negeri 4 Kota Cilegon bakal menggelar Charakter Building bagi peserta didik baru. Kegiatan yang rencananya dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Tabrani dan dihadiri Walikota Cilegon, Helldy Agustian ini dijadwalkan digelar pada bulan September 2022.

"Kedisiplinan siswa harus dibentuk melalui program dan kegiatan disekolah demi terwujudnya lulusan yang berkarakter serta siap menghadapi berbagai tantangan dunia kerja," kata Kepala SMK Negeri 4 Kota Cilegon, Firdaus. 

Dari segi bahasa, Character Building atau membangun karakter terdiri dari dua suku kata yaitu membangun (to build) dan karakter (character) artinya membangun yang mempunyai sifat memperbaiki, membina, mendirikan. Sedangkan karakter adalah tabiat, watak, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Jadi Character Building merupakan suatu upaya untuk membangun dan membentuk akhlak dan budi pekerti seseorang menjadi baik.

"Dalam membangun karakter individu diperlukan perilaku yang baik dalam rangka melaksanakan kegiatan berorganisasi, baik dalam organisasi pemerintahan maupun organisasi swasta dalam bermasyarakat," kata Firdaus.

Dikatakan bahwa karakter adalah sesuatu yang penting dalam pengembangan kualitas peserta didik maka karakter mempunyai makna sebuah nilai yang mendasar untuk memengaruhi segenap pikiran, tindakan dan perbuatan setiap siswa dalam berinteraksi dengan lingkungannya. 

"Character Building memiliki peran penting dalam membentuk karakter para peserta didik. Proses pembentukan karakter, baik disadari maupun tidak, akan memengaruhi cara mereka memandang diri dan lingkungannya, dan hal itu akan tercermin dalam perilakunya sehari-hari," bebernya.

Orang tua siswa dari atas nama Ayihano mengaku mendukung dengan program Charakter Building yang laksanakan pihak sekolah. Pasalnya, kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi anaknya. 

"Kebetulan anak saya juga lulusan dari sekolah ini dan sekarang sudah bekerja disalah satu perusahaan besar," ucapnya. 

Menurut rencana, kegiatan tahunan bagi siswa baru SMK Negeri 4 Kota Cilegon ini dilakukan selama seminggu dan diikuti sebanyak 124 siswa. Untuk pemateri, Pihak sekolah menggandeng Jajaran Lanal Banten sekaligus melakukan bimbingan pada kegiatan tersebut. (hed/dam/ris)