Soal Dirut Perumda NKR, Finny Dipilih Hasil Wawancara dengan Nilai Tertinggi

Soal Dirut Perumda NKR, Finny Dipilih Hasil Wawancara dengan Nilai Tertinggi
Ketua Panitia Seleksi (Pansel) penjaringan kandidat calon Direktur Utama (Dirut) Perumda Niaga Kerta Raharja, Moch. Maesyar Rasyid. 

TANGERANG | TR.CO.ID

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) penjaringan kandidat calon Direktur Utama (Dirut) Perumda Niaga Kerta Raharja Moch. Maesyar Rasyid menjelaskan terkait sosok  Finny Widiyanti yang dijadikan pemimpin bisnis sentra pasar-pasar tradisional di Kabupaten Tangerang. Penetapan tersebut sudah mengikuti prosedur sesuai Permendagri Nomor 37 Tahun 2018.  

Maesyal mengatakan, bahwa tiga orang peserta calon dirut PD Pasar NKR yang telah disampaikan, di laporkan kepada Bupati selaku KPM. Pansel menyampaikan secara Abjad tiga orang tersebut yakni Abdul Haris, Ahmad Humaidi, Finny Widiyanti.

"Tiga peserta tersebut mempunyai kesempatan yang sama untuk di tetapkan, tapi kan penetapan itu setelah mendapatkan tes akhir pelaksanaan wawancara secara bergilir oleh Pak Bupati selaku KPM, dan disaksiskan oleh kita semua, secara normatif yang dilaksanakan dan itu aturan Permendagri Nomor 37 Tahun 2018.  yang mengatur seperti itu, bahwa Pemerintah Daerah harus memilih satu dari tiga orang yang disampaikan oleh Pansel," terang Maesyal Rasyid kepada Harian Tangerang Raya, Senin (18/4/22).

"Kalau dibilang apakah nomor satu itu diserta merta, kalau menurut aturan Pemendagri  Nomor 37 Tahun 2018  itu tidak serta merta, karena ke tiganya di sampaikan kepada Pak. Bupati itu yang di wawancarakan. Dan Pak Bupati memilih mentapkan satu dari tiga orang tersebut," sambung pria yang akarab disapa Rudi Maesyal ini.

Maesyal menguraikan, kronologis pelaksanaan seleksi agar nanti ada relevansinya,  kronologis Yang pertama, pada tanggal 21 february 2022 telah di tetapkan Surat Keputusan (SK) Seleksi oleh Bupati Tangerang selaku KPM. Ke dua, pembentukan SK Sekretariat Pansel pada tanggal 22 February 2022 selang satu hari, 

"Kami selaku panitia seleksi yang telah di kukuhkan, di tetapkan oleh Pak Bupati untuk melakukan seleksi Dirut PD Pasar Niaga Kerta Raharja mempunya tugas antar lain, Menetukan jadwal pelaksanaan, waktu pelaksanaan tahapan kegiatan,  yang kedua melakukan penjaringan anggota direksi yang akan di tetapkan sebagai calon. Dari bakal calon di tetapkan sebagai calon, itu tugas panitia dengan mekanisme seleksi," bebernya.

Ke tiga, sambung Rudi Maesyal, adalah membentuk tim dan menunjuk lembaga profesional untuk melakukan Ujian Kepatuhan dan Kelayakan (UKK). Kemudian menunjuk lembaga profesional tersebut, lalu menetukan formasi penilaian UKK, menetukan hasil penilaian mentapkan calon anggota direksi. Nah ini ada korelasinya menetapkan anggota direksi hasil pelaksanaan seleksi dan melanjutkan setelah di tetapkan salah satu dari tiga calon tersebut

Jadi, ungkap Rudi Mesyal, pelaksanaan pendaftaran seleksi dirut PD Pasar sudah di buka mulai dari tanggal 22 february sampai dengan 1 maret. Pada saat itu hanya dua orang yang daftar karena tidak memenuhi syarat dua orang, sehingga di pandang perlu untuk melakukan perpanjangan. Dibuka perpanjangan tanggal 4 maret sampai 11 maret, 

"Alhamdulillah setelah di perpanjang terdapat orang yang mendaftar selaku bakal calon di rektur utama PD Pasar NKR,  berikutnya kami, melaksanakan seleksi administrasi karena mereka mendaftar itu sudah membawa sekaligus menyertakan persyaratan - persyaratan. Kami dari panitia melaksanakan seleksi administrasi dari 8 tersebut pada perpanjangan itu hanya satu yang tidak memenuhi syarat,  jadi 7 lanjut melaksanakan tahapan tes berikutnya, salah satunya melaksanakan UKK 7 orang tersebut ini sudah di laksanakan," imbuhnya. 

Pelaksanaan UKK tersebut di antar nya adalah, tes pesikotes, tes uji tertulis, tes penulisan makalah, presentase makalah dan terdapat 1 orang peserta tidak dapat melanjutkan, sisanya tinggal 6 peserta. Dari 6 peserta tersebut di umumkan seleksi, memperoleh 3 peserta yang harus melaksanakan wawancara akhir dengan Bupati selaku KPM.

"Nah, kenapa 3 peserta, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 37 Tahun 2018 Panitia seleksi menyampaikan hasil seleksi, melaporkan kepada Pak Bupati selaku KPM yang untuk di wawancara akhir oleh Pak Bupati sebanyak 3 orang peserta," tuturnya.

Dalam permendagri no 37 tahun 2018 menyebut, aturan yang mengharuskan panitia menyampaikan 3 peserta nilai tertinggi dari 6 peserta tersebut. 

"Setelah kita laporkan melalui mekanisme korespondensi administrasi dengan pak Bupati, pak bupati memerintahkan untuk di jadwalkan pelaksanaan wawancara akhir dengan tiga pserta itu. Dalam wawancara akhir tiga peserta di saksikan oleh pansel, karena pansel kan sudah me laksanakan tesnya kepada 3 orang peserta," paparnya.  

Selanjutnya, Bupati selaku KPM melaksanakan wawancara akhir 3 orang peserta disaksikan langsung oleh Pansel yakni Maesyal Rasyid, DR Imam, DR Helmy, Asda ll selaku panitia seleksi, Asisten 3 , hadir menyaksikan langsung 

"Tiga orang peserta Calon Dirut secara bergiliran wawancara dengan Pak Bupati, pada saat itu wawancara generalis, dari aspek ke pemimpinan, kinerja, keuangan managerial, mangemen, me meneg operasional tekhnis, itu disampaikan Pak Bupati kepada tiga orang tersebut," jelasnya.

"Selesai itu, Permendagri No 37 Tahun 2018 juga lah,  bahwa Bupati setelah melaksanakan wawancara harus menetapkan 1 orang peserta, menjadi direktur utama dari 3 orang peserta," demikan Rudi Maesyal. (dam/hel)