Soft Opening Rumah Sakit Tiara Kasih Sejati

Soft Opening Rumah Sakit Tiara Kasih Sejati
Soft Opening Rumah Sakit Tiara Kasih Sejati

Rumah Sakit Tiara Kasih Sejati Resmi Beroperasi

TANGERANG | TR.CO.ID

Rumah Sakit Umum (RSU) Tiara Kasih Sejati yang terletak di Kawasan kampung nagrak jalan raya Kota Bumi tepatnya di KM.6.5, Kelurahan Periuk, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Minggu, (26/06/2022) resmi beroperasi.

Pembukaan RSU Tiara Kasih Sejati dengan kualifikasi rumah sakit type C dimeriahkan oleh  Marawis serta santunan anak yatim piatu.

Budiman Costan owner dari RSU Tiara Kasih Sejati mengatakan, berawal dari sebuah klinik kecil sederhana yang telah berdiri sejak tahun 2001 lalu yang sampai saat ini telah melayani ribuan orang pasien, akhirnya berkembang juga menjadi rumah sakit yang siap menampung 161 orang pasien rawat inap. 

"Banyak suka dan dukanya ketika kami mencoba meningkatkan status pelayanan kesehatan ini," katanya, Minggu (26/06/2022).

Dikatakan, empat yang lalu, sebenarnya berniat akan menutup usaha klinik ini. Namun berkat saran serta arahan Dinas Kesehatan Kota Tangerang ketika itu, alangkah lebih baiknya klinik jangan ditutup.

"Bahkan kalau bisa ditingkatkan saja menjadi rumah sakit. Juga banyak masukan dari tokoh masyarakat lingkungan disekitar, akhirnya kami memberanikan diri untuk menaikan status dari klinik sederhana menjadi sebuah Rumah Sakit Umum," katanya.


Beliau mengatakan, bahwa acara Soft Opening tersebut adalah acara syukuran atau selamatan sebagai bentuk rasa syukur seluruh elemen Rumah Sakit. Pembangunan gedung serta sarana prasarana penunjang kesehatan atau pengobatan sudah tersedia sehingga patut sekiranya masyakat disekitar lingkungan mengetahui dengan cara mengadakan acara syukuran dengan mengundang unsur pemerintahan setempat, para alim ulama, tokoh masyarakat dengan disertai acara santunan kepada anak yatim/piatu yang ada disekitar Rumah sakit. Sekaligus mempersiapkan acara kedepan yaitu Grand opening pembukaan secara resmi yang insha allah akan mengundang unsur muspida Kota Tangerang.


Sementara itu ditemui ditempat terpisah awak media meminta tanggapan kepada salah satu aktivis yang namanya sudah tidak asing lagi Deny Granada, yang kebetulan hadir guna memenuhi undangan pada acara soft opening tersebut mengatakan, bahwasannya kebutuhan akan sarana prasarana kesehatan tidaklah harus mempunyai kualitas yang mewah, seperti halnya Rumah Sakit Umum (RU) Tiara Kasih Sejati ini, kalau saya lihat meskipun mempunyai kualifikasi type c, namun sarana yang dimiliki cukup lengkap dan jarang dimiliki oleh rumah sakit type c yang berada di Kota Tangerang, apalagi keberadaannya sangat strategis berada di dekat perbatasan antara Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. 


"Mudah-mudahan kedepan nya rumah sakit ini bisa menjadi salah satu rumah sakit andalan serta Rumah Sakit Rujukan yang mampu bersaing serta menjalin kemitraan yang baik dan harmonis untuk warga yang berada disekitarnya serta dapat membantu Pemerintah Kota Tangerang dalam rangka memenuhi target pelayanan pasien yang sempurna, sekali lagi selamat dan semoga sukses" katanya. 

Dr. Indra Parindrianto, MM selaku Direktur Utama menjelaskan tentang ketersediaan Rumah Sakit ini " Kita ada 10 bed untuk VVIP, 15 bed untuk VIP, dan total ada 161 bed lagi untuk kelas lainnya. Suatu kewajiban juga memperbanyak ruangan yang ditargetkan untuk pasien yang memiliki kondisi ekonomi di kelas menengah kebawah. Karena memang masyarakat sekitar mayoritasnya berada di kelas menengah kebawah." pungkas Dirut RSU Tiara Kasih Sejati.

" Kita juga sedang mengusahakan akreditasi rumah sakit, karena salah satu syarat untuk bekerjasama dengan BPJS kesehatan itu rumah sakit harus sudah terakreditasi. Banyak msyarakat yang terbantu dengan BPJS kesehatan, kalau akreditasi tidak kita utamakan bagaimana bisa melayani masyarakat dengan fasilitas BPJS. Dan kita juga menerapkan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Mulai dari pelayanan awal sampai edukasi kesehatan kepada pasien akan selalu kita tekankan kepada seluruh elemen rumah sakit." ujar Wakil Direktur RSU Tiara Kasih Sejati, Hening Handayani, SE.MPM.MCP.

Disinggung sedikit mengenai persaingan bisnis, Dirut RSU Tiara Kasih Sejati menanggapi dengan tegas. " kalo masalah target pasar. kita bersaing secara sehat dan proffesional saja. Bahkan kalau bisa kita bekerjasama dengan rumah sakit lain. Misalkan kalau ada kekurangan fasilitas atau alat di RS kita, kita bisa rekomendasi ke mitra kita tersebut, begitu juga sebaliknya akan selalu ada feedback yang baik." pungkasnya.(fj/ris)