Tahap Pertama PTM SD 

Tahap Pertama PTM SD 

Sekolah Wajib Bentuk Satgas Covid19

TANGERANG | TR.CO.ID

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas tingkat Sekolah Dasar (SD) tahap satu sedianya telah dilaksanan di 45 sekolah dari 448 sekolah negeri dan swasta yang tersebar di Kota Tangerang. Untuk mengantisipasi hadirnya klaster di sekolah, Dinas Pendidikan setempat mewajibkan setiap sekolah yang melakukan PTM untuk membentuk Satgas Covid19.

“Pembentukan satga tingkat sekolah menjadi syarat wajib bagi sekolah yang hendak melakukan PTM,” kata Kepala Bidang Pembinaan SD, Helmiati saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya, Senin (25/10).

Terkait teknis tugas dari satgas covid19 tingkat sekolah, anggota satgas tersebut beranggotakan warga sekolah yang telah ditentukan. Adapun jumlah disesuakan dengan kebutuhan sekolah masing-masing.

“Jadi nanti satgas sekolah ini tugasnya memantau apakah ada warga sekolah yang abai akan protokol kesehatan ataupun yang memiliki gejala. Jika ada yang memiliki gejala, satgas akan melakukn koordinasi dengan puskesmas sesuai domisili,” jelas Helmiati.

Untuk memaksimalkan peran satga covid19, lanjutnya, Pemkot Tangerang melalui Dinas Pendidikan juga telah mengkukuhkan anggota satga covid19 tingkat kelas, yang dimana anggotanya merupakan peserta didik.

“Kemarin Pak Wali udah meresmikan satgas tingkat kelas untuk SMP dan hal itu juga kita tiru untuk tingkat SD. Jadi mereka akan mengawasi temannya yang ga taat prokes atau memiliki gejala, kemudian melaporkan ke wali kelas atau anggota satgas sekolah,” tuturnya.

Helmiati mengatakan, tidak seluruh tingkatan kelas yang memiliki satgas covid19 tetapi hanya kelas besar yang memiliki anggota sekitar dua orang peserta didik.

“Satgas dimulai dari kelas IV sampai VI yang sekiranya sudah paham dan beranjak dewasa, jadi mereka juga bisa saling mengingatkan teman. Sedangkan kelas kecil yaitu I sampai III masih diawasi oleh pihak sekolah, yakni wali kelas masing-masing,” pungkasnya. (ali)