Tanggulangi Sampah Anggarkan Dana Rp100 Miliar

Tanggulangi Sampah  Anggarkan Dana Rp100 Miliar
Tanggulangi Sampah Anggarkan Dana Rp100 Miliar

TANGERANG | TR.CO.ID

Untuk menangani masalah sampah di wilayah Tangerang Selatan. Pemerintah Kota Tangerang Selatan menganggarkan dana sekitar Rp 100 Miliar. Wakil Walikota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan menyebut masalah sampah menjadi prioritas untuk segera ditangani.

"Kami menangani 900 ton sampah per hari. Saat ini TPA Cipeucang sudah overload sehingga untuk pembuangannya (sampah) kita titip ke Ke Colowong dan ke Nambo. Dana itu juga untuk pengelolaan taman kota, pohon- pohon, dan sebagainya," kata Pilar dalam keterangannya, Minggu (27/3/2022).

Lebih lajut dirinya menambahkan, pihaknya hingga kini terus melakukan kerja sama dengan pemerintah Kota Serang dan Kabupaten Bogor untuk masalah sampah.

"Untuk pembuangan sampah ke Nambo, sekarang mulai lelang jasa transportasinya. Targetnya, setelah Lebaran, sekitar Juni, bisa membuang sampah ke Nambo," ungkap Pilar.

Meski begitu, untuk jangka panjang pihaknya kini tengah menargetkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) sebagai alternatif solusi. Untuk sementara, pihaknya meminta masyarakat untuk memperbanyak bank sampah agar sampah yang dibuang memang benar-benar yang tidak bisa diolah lagi oleh masyarakat.

"Tentunya kami tidak bisa kerja sendiri tanpa dukungan dari dinas-dinas lainnya, forkopimda, dan masyarakat. Bank sampah belum optimal. Seharusnya setiap RW punya bank sampah. Oleh sebab itu kita masih akan terus edukasi masyarakat agar sampah yang dihasilkan dari masyarakat bisa dimanfaatkan dengan baik. Kita juga berupaya mengedukasi masyarakat untuk tidak membakar sampah yang kemudian jadi polusi udara. Semua ini diambil sambil menunggu pembangunan PLTSa," pungkasnya.  (man/bs/bris)