Walikota Arief Siapkan Bantuan Modal Bagi UMKM

Walikota Arief Siapkan Bantuan Modal Bagi UMKM
Arief R Wismansyah, Walikota Tangerang.

Bantu Korban PHK

TANGERANG | TRM
Gelombang kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi Covid-19 di Kota Tangerang terus berlangsung. Keadaan seperti ini membuat masyarakat Kota Tangerang banyak yang menganggur.
Hal tersebut menjadi salah satu perhatian serius dari Pemerintah Kota Tangerang, agar mereka para korban PHK bisa terus bertahan hidup di situasi pandemi.


Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya tengah mendorong masyarakat yang kesulitan pekerjaan untuk membuka usaha kecil, mikro dan menengah.
"Pemkot Tangerang ingin masyarakat berinovasi untuk membuka usaha kecil, nanti kita akan kucurkan dana untuk modal," kata Arief, Selasa (11/08).


Menurut Arief, nantinya pihak Pemkot akan mengucurkan dana untuk pelaku UMKM sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1 juta. Dana tersebut, harus digunakan sebagai modal untuk membuka usaha.
"Rencananya akan dikucurkan dengan range Rp 500 sampai Rp 1 juta. Ini benar-benar untuk warga yang terdampak secara ekonomi," kata Arief.


Adapun kriteria yang akan mendapatkan kucuran dana tersebut, yakni dalam satu keluarga tersebut, benar-benar tidak ada mata pencaharian. Sehingga, tidak ada anggota keluarga satupun yang berpenghasilan untuk memenuhi nafkah.


Kemudian, uang bantuan dari Pemkot, akan digunakan untuk warga tersebut memulai usahanya. Misalnya berdagang kuliner, berkerajinan tangan, hingga memulai start-up. Calon penerima bantuan tersebut juga diharuskan mengajukan usulan usahanya.


"Jadi uangnya benar-benar untuk modal usaha. Kuota penerimanya itu sekitar 10 ribu warga, datanya sudah ada di aplikasi 'Si Data'," ucap Arief.


Langkah ini, sambung Arief, diharapkan bisa memutar perekonomian di wilayahnya. Sehingga, bisa meminimalisir dampak ekonomi rumah tangga warganya.
"Mudah-mudahan bisa kembali meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di Kota Tangerang," pungkasnya. (*/jojo)