TANGERANG | TR.CO.ID
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang kembali menunjukkan performa luar biasa dalam pelayanan publik. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Triwulan I tahun 2024 mencatat pencapaian sebesar 88,30 persen, melampaui target yang ditetapkan.
Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, R. Irman Pujahendra, menyatakan bahwa pencapaian ini adalah awal yang baik untuk tahun 2024.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
“Alhamdulillah kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan. Tentunya adanya Sobat Dukcapil serta pelayanan jemput bola kepada masyarakat, sehingga dapat mempercepat pelayanan,” ujarnya, Selasa, (4/6/2024).
Irman menjelaskan bahwa unsur pelayanan yang paling memuaskan masyarakat adalah kesesuaian dan kewajaran biaya. Namun, ia juga mengakui bahwa masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti sarana prasarana dan layanan online.
“Kami akan terus menyerap aspirasi dari masyarakat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa puas dalam mengurus administrasi kependudukannya di Kota Tangerang,” tambahnya.
Disdukcapil Kota Tangerang telah mempertahankan kualitas pelayanannya dalam lima tahun terakhir, selalu berada di kategori Baik. Berikut adalah rincian nilai IKM yang diperoleh dari tahun 2019 hingga 2023:
2019: 89,24
2020: 91,75
2021: 90,06
2022: 92,54
2023: 86,16
Prestasi ini menunjukkan komitmen Disdukcapil dalam memberikan pelayanan yang memuaskan dan beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat. Dengan berbagai inisiatif seperti layanan jemput bola dan program Sobat Dukcapil, Disdukcapil terus berinovasi untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam pengurusan administrasi kependudukan.
Meskipun telah mencapai banyak kemajuan, Disdukcapil Kota Tangerang terus berupaya untuk memperbaiki layanan mereka. Fokus utama ke depan adalah peningkatan sarana prasarana dan optimalisasi layanan online, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi masyarakat.
“Harapan kami, dengan adanya peningkatan ini, masyarakat dapat merasakan manfaat yang lebih besar dan semakin puas dengan pelayanan yang kami berikan,” tutup Irman. (ris/TR)