Mahasiswa Kepung Gedung DPUPR Pandeglang, Terkait Pembangunan Irigasi Bojongkakak

Rabu, 12 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PANDEGLANG | TR.CO.ID

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Aksi Mahasiswa (GAM) melakukan aksi demonstrasi di depan gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pandeglang, khususnya Bidang Sumber Daya Air (SDA). Mereka menuntut penjelasan terkait proyek pembangunan irigasi di Bojongkakak, Kecamatan Cikedal, yang dinilai bermasalah.

Pembangunan irigasi tersebut, yang memiliki anggaran sebesar Rp. 1.625.876.476, dilaksanakan oleh CV ULIL ALMI dengan nomor kontrak 001/4/SP-KONST/DAK/DPUPR-SDA/2024. Proyek ini merupakan bagian dari kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi permukaan dengan masa pekerjaan 150 hari kalender.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Namun, menurut Dian Nuryana, koordinator lapangan aksi, proyek tersebut sudah menunjukkan keretakan di beberapa titik meski baru saja dibangun.

“Kami menduga pelaksanaan proyek ini hanya mencari keuntungan besar tanpa memperhatikan kualitas fisik yang seharusnya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,” tegas Dian, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga:  SMPN 2 Jawilan Jalani PKKS

Dian juga mempertanyakan kinerja DPUPR Bidang SDA dalam mengawasi pelaksanaan pembangunan serta ketegasan konsultan pengawas.

“Kepala Dinas DPUPR, Asep Rahmat, jangan hanya duduk dan diam di meja menerima laporan yang baik dari Bidang SDA. Lihatlah ke lokasi pembangunan irigasi di Bojongkakak yang penuh kejanggalan,” lanjutnya.

Sementara itu, Hendar, koordinator lapangan usai unjuk rasa, menyatakan kekecewaannya terhadap lemahnya pengawasan DPUPR Bidang SDA terhadap pelaksanaan fisik proyek yang diserahkan kepada CV ULIL ALMI.

Ia mendesak Aparat Penegak Hukum (APH) untuk menyelidiki perusahaan tersebut yang diduga mendapatkan proyek bukan berdasarkan kinerja dan pengalaman, melainkan karena adanya campur tangan pihak ketiga dalam proses lelang.

Mahasiswa menuntut agar kepala dinas memanggil pihak-pihak terkait, termasuk CV ULIL ALMI dan Bidang SDA, untuk memberikan penjelasan dan tanggung jawab atas pelaksanaan proyek yang dinilai asal-asalan. Mereka menegaskan bahwa dana proyek ini berasal dari pajak masyarakat dan tidak boleh disalahgunakan untuk kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

Baca Juga:  DPRD Kota Tangerang Tetapkan 11 Program Legislasi Daerah untuk tahun anggaran 2024.

“Kami akan datang lagi dengan jumlah yang lebih besar jika tidak ada tindakan tegas dari kepala dinas dalam menyikapi pembangunan irigasi ini,” ujar Hendar dengan tegas.

Sayangnya, hingga aksi ini berakhir, pihak DPUPR Bidang SDA, termasuk Eli Hamdiah, SE., M.Si., dan PPTK Lela Nurlela, tidak dapat ditemui untuk memberikan klarifikasi. Upaya konfirmasi melalui kontak pribadi mereka juga tidak mendapatkan respons.

Aksi mahasiswa ini menjadi sorotan penting dalam mengawasi penggunaan dana publik dan pelaksanaan proyek pemerintah. Mereka berharap agar tuntutan mereka mendapat perhatian serius dari pihak berwenang demi kepentingan masyarakat luas.
(ian/ris/TR)

Berita Terkait

Bocah Tenggelam di Kali Pondok Jaya Ditemukan
Kejari dan RSUD Pakuhaji Operasi Mata Katarak Gratis
Warga Diminta Waspadai Penyakit Tidak Menular
Empat Balon Pilkada Lebak Diberi Tugas Oleh PPP
Workshop IKM bagi Kepsek dan Guru SD di Jawilan
Jangan Ada Bullying dan Perundungan Saat MPLS
Pj Walikota Sidak Pasar Induk Jatiuwung, Cek Harga dan Pasokan Pangan
Guyon Waton Bakal Guncang Kota Tangerang, Acara Digifest Vol 2
Berita ini 10 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 12:25 WIB

Bocah Tenggelam di Kali Pondok Jaya Ditemukan

Senin, 15 Juli 2024 - 12:23 WIB

Kejari dan RSUD Pakuhaji Operasi Mata Katarak Gratis

Senin, 15 Juli 2024 - 11:22 WIB

Empat Balon Pilkada Lebak Diberi Tugas Oleh PPP

Senin, 15 Juli 2024 - 10:57 WIB

Workshop IKM bagi Kepsek dan Guru SD di Jawilan

Senin, 15 Juli 2024 - 10:55 WIB

Jangan Ada Bullying dan Perundungan Saat MPLS

Berita Terbaru

Selebritis

Nagita Slavina Pelihara Banyak Kucing

Senin, 15 Jul 2024 - 12:27 WIB

Daerah

Bocah Tenggelam di Kali Pondok Jaya Ditemukan

Senin, 15 Jul 2024 - 12:25 WIB

Daerah

Kejari dan RSUD Pakuhaji Operasi Mata Katarak Gratis

Senin, 15 Jul 2024 - 12:23 WIB

Hukum & Kriminal

Bandar Judi Online Tiga Bulan Raup 200 Miliar

Senin, 15 Jul 2024 - 11:31 WIB