Airin Punya ‘Program Bahagia’ Bidang Kesehatan

Kamis, 30 Mei 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SERANG | TR.CO.ID

Bakal calon gubernur Banten, Airin Rachmi Diany, memulai langkahnya dalam kontestasi Pilkada Banten dengan memaparkan berbagai visi, misi, dan program unggulan.

Dalam silaturahmi dengan masyarakat di Kota Tangerang pada Rabu (29/5/2024), Airin memperkenalkan program kesehatan inovatif bernama ‘Bahagia’, singkatan dari ‘Banten Sehat Raga, Kuat Jiwa’.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Program ‘Bahagia’ adalah bagian dari Misi 2 Airin yang bertujuan ‘Mewujudkan Pembangunan Masyarakat Banten yang Madani (Beriman, Sehat, Berbudaya, dan Terdepan dalam IPTEK)’. Adapun visi utama Airin adalah ‘Mewujudkan Provinsi Banten yang Beriman, Sejahtera, Unggul, Berkelanjutan, Sehat, dan Maju’.

Dalam pemaparannya, Airin menyampaikan berbagai masalah kesehatan yang ditemuinya selama kunjungan ke delapan kabupaten/kota di Banten. Masalah tersebut meliputi kesenjangan fasilitas kesehatan antara wilayah Banten bagian utara dan selatan, kurangnya tenaga kesehatan di Kabupaten Lebak dan Pandeglang, serta tingginya kasus penyakit TB, stunting, gangguan jiwa, dan belum meratanya akses jaminan kesehatan.

Airin menekankan pentingnya mengatasi kesenjangan kesehatan dengan memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan. “Kita harus mendekatkan akses pelayanan kesehatan, menugaskan tenaga kesehatan, dan membangun puskesmas pembantu atau mobil puskesmas keliling. Diperlukan fasilitasi kegiatan telemedicine di seluruh fasilitas kesehatan,” ujar Airin.

Baca Juga:  Serikat Perusahaan Pers (SPS) Tolak Draft RUU Penyiaran, Minta DPR Tinjau Ulang

Ia juga menyoroti pentingnya dukungan terhadap pemerintah kabupaten/kota dalam mencapai universal health coverage (UHC), sebuah capaian yang pernah diraih Airin saat menjadi Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada tahun 2018.

Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) kesehatan, Airin berencana memastikan kesejahteraan tenaga kesehatan dengan tunjangan dan kepastian status kepegawaian, serta memberikan akses pendidikan lanjutan dan peningkatan kompetensi. “Beasiswa pendidikan juga perlu diberikan kepada calon mahasiswa baru di bidang kesehatan,” tambahnya.

Airin juga memperkenalkan Posyandu Ceria, sebuah inisiatif untuk memaksimalkan peran posyandu melalui kerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota. Selain itu, ia merencanakan layanan kesehatan lansia di tingkat kelurahan/desa dan penguatan layanan penyuluhan gizi, kesehatan lingkungan, serta pola hidup sehat dan bersih (PHBS).

Untuk menekan angka stunting dan kematian ibu/bayi, Airin merencanakan bantuan pangan tambahan kepada ibu hamil dan anak-anak, serta edukasi yang lebih kuat bagi ibu hamil. “Kami akan memastikan ketersediaan ruang laktasi dan ruang bermain untuk anak-anak,” ujarnya.

Baca Juga:  Gerindra DKI : Koalisi Pilpres Beda dengan Pilkada DKI

Airin juga mendukung peningkatan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), pelayanan kesehatan jiwa dan rehabilitasi untuk pasien narkotika, serta pembangunan rumah sakit khusus penanggulangan bencana.

“Kami perlu mendukung pengembangan Health Tourism di Banten melalui peningkatan kualitas rumah sakit sesuai dengan keunggulan masing-masing dan peningkatan kerja sama dengan pihak terkait, termasuk swasta,” jelas Airin.

Airin meyakini bahwa berbagai program yang direncanakannya akan berhasil dengan prinsip kebersamaan. “Tagline ‘Banten Maju Bersama’ yang selalu saya sampaikan adalah kunci, bahwa ke depan, kebersamaan harus diperkuat, tidak hanya antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, tetapi juga dengan stakeholder yang terkait di bidang kesehatan,” tegasnya.

Dengan program ‘Bahagia’, Airin Rachmi Diany berkomitmen untuk membawa perubahan positif dan signifikan dalam sektor kesehatan di Provinsi Banten, mewujudkan visi dan misinya untuk provinsi yang lebih sehat, sejahtera, dan maju. (hed/TR)

Berita Terkait

Pendaftaran Petugas Pantarlih Pilkada 2024 Dibuka
Peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada 2024 Dihadiri Pj Bupati
TPS Pilkada Berkurang 50 Persen Dibanding Pemilu 2024
Subardi: Ormas Agama dapat IUP, Apa Urgensinya?
8 Partai KNPB Kota Tangerang Silaturrahmi ke Sachrudin
Aktivis 7 Kecamatan “Ngadu” ke Bacalon Walikota Tangerang, Helmy Halim
Maskota Dinilai Layak Jadi Wabup Tangerang
Pembangunan SMPN Negri Disetiap Kecamatan Jadi Prioritas Visi Misi Helmy Halim
Berita ini 10 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 10:41 WIB

Pendaftaran Petugas Pantarlih Pilkada 2024 Dibuka

Jumat, 14 Juni 2024 - 10:40 WIB

Peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada 2024 Dihadiri Pj Bupati

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:40 WIB

TPS Pilkada Berkurang 50 Persen Dibanding Pemilu 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:38 WIB

Subardi: Ormas Agama dapat IUP, Apa Urgensinya?

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:33 WIB

8 Partai KNPB Kota Tangerang Silaturrahmi ke Sachrudin

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:31 WIB

Aktivis 7 Kecamatan “Ngadu” ke Bacalon Walikota Tangerang, Helmy Halim

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:25 WIB

Maskota Dinilai Layak Jadi Wabup Tangerang

Selasa, 11 Juni 2024 - 12:05 WIB

Pembangunan SMPN Negri Disetiap Kecamatan Jadi Prioritas Visi Misi Helmy Halim

Berita Terbaru

Selebritis

Amanda Manopo: Atas sampai Bawah Hasil Perawatan

Jumat, 14 Jun 2024 - 11:05 WIB

Hukum & Kriminal

16 Remaja Bersajam Live Instagram Hendak Tawuran

Jumat, 14 Jun 2024 - 11:00 WIB

Daerah

Dua Bocah Tewas Dibekas Galian Puspemkab Tangerang

Jumat, 14 Jun 2024 - 10:58 WIB