Tingkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan Melalui Pembangunan Infrastruktur

Tingkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan Melalui Pembangunan Infrastruktur
Sarnata, Kabid Bina SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang.

SERANG I TRM

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang melalui Bidang Bina SMP terus berupaya maksimal dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Serang. Hal ini terbukti dengan adanya pembangunan unit sekolah baru dan sarana prasaran penujang yang sedang dilaksanakan pekerjaanya.

Kepala Bidang (Kabid) Bina SMP, Sarnata mengatakan, meski dalam kondisi pandemi covid - 19, namun pihaknya terus melakukan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan infrastruktur sekolah. "Dalam rangka meningkatkan pemerataan angka partisipasi pendidikan di Kota Serang, khususnya tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Bina SMP saat ini kami sedang melaksanakan kegiatan pembangunan unit sekolah baru di Kecamatan Cipocok Jaya," kata Sarnata didampingi Kasi Sarpras Sovia Devi yanti, dikantornya, Jum'at (12/06/2020).

Sarnata menjelaskan, bahwa pembangunan sekolah tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan perluasan dan pemerataan aksesibilitas layanan pendidikan pada jenjang SMP. Hal ini dilakukan agar semua anak usia sekolah bisa melanjutkan pendidikannya. “Pembangunan sekolah baru ini adalah program pak Walikota dan pak wakil. Selain bentuk alternatif juga untuk mengakomodir calon siswa baru yang tidak masuk dalam zona wilayah tersebut," ungkapnya.

"Dan insyaalloh, meski masih ada kekurangan dalam pelaksanaan pembangunan, semoga dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala suatu apapun. Sehingga pada tahun 2021 mendatanģ sekolah baru dapat dipergunakan sebagaimana mestinya," tambahnya.

Selain pembangunan sekolah baru, lanjut Sarnata, saat ini pihaknya juga tengah melaksanakan rehab dan pembangunan sarana infrastruktur penujang bagi sekolah. "Alhamdulillah, bukan hanya pembangunan unit sekolah baru saja, melainkan pembangunan Kantin Sehat, Rehab Lab, rehab Ruang Guru, pembangunan Pagar dan pemasangan Paving Block," terang Sarnata.

Selanjutnya, Sarnata menuturkan, sarana dan prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Hal ini tentunya dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai dengan pengelolaan secara optimal.

Selain itu, kata Sarnata, sarana dan prasarana merupakan sumber utama yang memerlukan penataan secara profesional, sehingga dapat memberikan dapak positif yang bermuara pada proses belajar di sekolah. "Secara fisik sarana dan prasarana menjamin adanya kondisi yang higienik dan secara psikologis dapat menimbulkan minat belajar bagi siswa," terangnya.

Sarnata berharap, dengan meningkatnya sarana dan parasarana maka akan berdapak pada mutu dan kualitas pendidikan, kemudian dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai dapat memberikan motivasi bagi pendidik dan peserta didik. (has)