Menjaga Stabilitas Politik Nasional Pemilu 2024 di Daerah

Kamis, 18 Januari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tinggal menghitung hari lagi pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024 akan berlangsung, momentum pemilihan umum lima tahunan akan menghasilkan calon legislator dan Presiden dan wakil Presiden Republik Indonesia. Dinamika politik yang terjadi terlihat secara kasatmata kondusif dan terkendali sampai saat ini, friksi-friksi yang terjadi meskipun di akar rumput melalui grup-grup media sosial sepanjang pantauan penulis, masih dalam koridor “persahabatan politik” dalam mengggas calon-calon yang didukungnya. Artinya masih hanya sebatas jari dan mulut semata, dan masih menebar senyum kegembiraan dan kekeluargaan dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024.

Penting kita sadari sebagai Masyarakat yang peduli akan pentingnya pemilihan umum, bukan hanya sebatas ikut menggunakan hak pilih, namun juga meski menjadi pemantau yang baik atas pola dan perilaku aparatur sipil negara dan perangkat negara lainnya. Netralitas ASN dan aparatur pemerintahan menjadi modal penting agar tidak di kapitalisasi politik jangka pendek, dan ini menjadi catatan pada setiap kali pemilihan umum. Oleh karena itu penyelenggara pemilu di daerah KPUD dan Bawaslu, Stakeholder yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), menyuarakan atau menyosialisasikan Pemilu yang adil dan damai dalam rangka menjaga kondusifitas politik dan keamanan dapat terjaga dengan baik.

Peran Forkopimda

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Undang-undang Nomor 23 pasal 1 ayat 18 menyatakan Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah yang selanjutnya disebut Forkopimda adalah forum yang digunakan untuk membahas penyelenggaraan urusan pemerintahan umum. Urusan pemerintahan umum meliputi diantaranya ; pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pelestarian Bhinneka Tunggal Ika serta pemertahanan dan pemeliharaan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia; pembinaan kerukunan antarsuku dan intrasuku, umat beragama, ras, dan golongan lainnya guna mewujudkan stabilitas kemanan lokal, regional, dan nasional; pengembangan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila; berdasarkan pasal 25 ayat 1 UU nomor 23 tahun 2014.

Baca Juga:  Tunduk Pada Surya Paloh, Bagaimana Anies Mau Tegakkan Daulat Rakyat?

Sangat vital peran forkopimda dalam rangka menyukseskan Pemilihan umum 2024 dan menjaga situasi politik dan keamanan dengan baik. Selain membantu sarana dan prasarana, sosialisasi dan Pendidikan pemilih dalam rangka pengembangan demokrasi pada tahapan pemilihan umum berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, agar tahapan pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik dan lancar. Peran seluruh pihak di daerah menjadi sangat penting dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang dapat mengakibatkan kekisruhan politik, untuk itu maka sudah barang tentu kedamaian dan kondisi aman serta nyaman mesti tercipta dalam situasi politik saat ini.

Menjadi tugas Bersama seluruh pihak untuk menjaga kondusifitas keamanan dapat terjaga, sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing.
Supporting sistem demi kelancaran tahapan pemilu suatu hal yang penting, Forkopimda punya peran di dalamnya, selain akan di sibukkan sampai akhir Tahun 2024, untuk menjaga stabilitas keamanan politik di daerah. Di samping peran aktif Penyelenggara pemilu melaksanakan tahapan dengan baik sesuai regulasi yang sudah di tentukan, agar kepercayaan Masyarakat yang sudah cukup baik terhadap KPU beserta jajarannya dan juga bawaslu, bisa berdampak baik dan positif.

Baca Juga:  Pengumuman Terakhir Cawapres :Strategi Prabowo Dalam Kajian Ilmu Komunikasi

Netralitas Penyelenggara Pemilu

Independensi penyelenggara pemilu menentukan baik atau tidaknya kualitas penyelenggaraan pemilu kita ke depannnya. Sebagai wasit yang mesti netral tidak keberpihakan, maka sebagaimana prinsip kepemiluan yang tertuang dalam UU 7 tahun 2017 mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, professional, akuntabel, efektif dan efisien. Penyelenggara pemilu KPU di daerah mesti menjalankan tugas dan fungsinya sesuai rule of game.

Saya meyakini bahwa temen-temen penyelenggara pemilu ingin menjadi bagian dari yang menyukseskan pemilu paling rumit di dunia. Karena Tahun 2024 merupakan tahun politik yang sangat Panjang, setelah selesai pemilu nasional di lanjutkan pemilihan kepala daerah. Karena peran penyelenggara pemilu di daerah menentukan baik atau tidaknya stabilitas politik nasional di masing-masing wilayahnya. Lelah fisik, mental dan pikiran akan terus mendera penyelenggara pemilu, semoga pemilihan umum 14 februari 2024 berjalan dengan baik, lancar dan sukses seperti harapan kita Bersama.

Berita Terkait

Curhatan Istri Capres No urut 3, Perihal Disinggung Gegara Aktif Kampanye
Bisakah Gibran Menjadi Cawapres Menurut Putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023 ?
Laku Santri Dalam Politik
Pengumuman Terakhir Cawapres :Strategi Prabowo Dalam Kajian Ilmu Komunikasi
Ganjar dan Warga NU Sulit Dipisahkan
Materi Bisa Diklarifikasi, Tapi Hati yang Pecah Tak Bisa Diperbaiki
Tunduk Pada Surya Paloh, Bagaimana Anies Mau Tegakkan Daulat Rakyat?
Mempertanyakan Masa Depan CN235 di Pasar Internasional
Berita ini 36 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Kamis, 18 Januari 2024 - 07:35 WIB

Menjaga Stabilitas Politik Nasional Pemilu 2024 di Daerah

Jumat, 12 Januari 2024 - 09:50 WIB

Curhatan Istri Capres No urut 3, Perihal Disinggung Gegara Aktif Kampanye

Kamis, 21 Desember 2023 - 21:31 WIB

Bisakah Gibran Menjadi Cawapres Menurut Putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023 ?

Selasa, 24 Oktober 2023 - 01:15 WIB

Laku Santri Dalam Politik

Jumat, 20 Oktober 2023 - 04:59 WIB

Pengumuman Terakhir Cawapres :Strategi Prabowo Dalam Kajian Ilmu Komunikasi

Jumat, 29 September 2023 - 11:23 WIB

Ganjar dan Warga NU Sulit Dipisahkan

Selasa, 5 September 2023 - 10:00 WIB

Materi Bisa Diklarifikasi, Tapi Hati yang Pecah Tak Bisa Diperbaiki

Sabtu, 2 September 2023 - 14:33 WIB

Tunduk Pada Surya Paloh, Bagaimana Anies Mau Tegakkan Daulat Rakyat?

Berita Terbaru

Hukum & Kriminal

Aparat Grebek Rumah Kontrakan Diduga Sarang Open BO

Kamis, 13 Jun 2024 - 10:57 WIB

Pemerintahan

Bupati Serang Fokus Tangani Kenakalan Remaja

Kamis, 13 Jun 2024 - 10:55 WIB

Daerah

HUT Kecamatan Balaraja ke 143 Dibuka Sekda

Kamis, 13 Jun 2024 - 10:22 WIB

Daerah

Pj Gubernur Banten Launching PPDB Tahun 2024

Kamis, 13 Jun 2024 - 10:21 WIB