Kemendikbudristek Kembali Gelar LKS SMK 2023

Kamis, 26 Oktober 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA | TR.CO.ID

Sebagai upaya menyiapkan generasi muda yang kompeten pada bidang vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), kembali menggelar Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) tingkat nasional secara luring di kota Surabaya, Jawa Timur, pada 23 s.d. 28 Oktober 2023. Tahun ini, LKS SMK yang merupakan gelaran ke-31 sejak 1992, dilaksanakan di SMK Negeri 5 dan SMK Negeri 6 Kota Surabaya dengan diikuti oleh 998 peserta didik dari 36 provinsi di Indonesia.

Dalam sambutannya secara virtual, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengapresiasi para peserta didik yang antusias mengikuti LKS SMK 2023 hingga terpilih menjadi peserta yang maju ke tingkat nasional. “Saya ingin mengucapkan selamat kepada adik-adik semua atas keberhasilannya mencapai tahap ini. Siapapun nanti yang keluar sebagai pemenang, selalu ingat bahwa adik-adik semua telah memberikan kontribusi penting untuk kemajuan pendidikan vokasi di Indonesia,” ujar Mendikbudristek dalam pembukaan LKS SMK 2023 di Surabaya, pada (24/10) Kemarin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menteri Nadiem berharap, ajang ini menjadi pemantik semangat peserta didik SMK untuk terus berkarya. “Manfaatkan kesempatan yang sekarang jauh lebih terbuka untuk menjadi talenta SMK berprestasi,” ucap Mendikbudristek.

Baca Juga:  Pengawas SD Ikuti Bimtek Peningkatan Kompetensi

Dalam kesempatan ini, Menteri Nadiem juga menyampaikan, melalui program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK), pemerintah terus mendorong sekolah vokasi untuk memperkuat kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri. Hingga dalam waktu empat tahun, kata Mendikbudristek, program SMK PK telah memperkuat lebih dari 1.800 SMK yang memberikan dampak lebih dari 1,9 juta pelajar SMK di seluruh Indonesia.

“Sebuah kebanggaan bagi kita semua, bahwa SMK benar-benar menjadi tempat lahirnya siswa-siswi berprestasi, tempat berkembangnya berbagai macam inovasi,” imbuh Mendikbudristek.

Hadir dalam kesempatan ini, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang membuka secara resmi LKS SMK 2023. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi para peserta didik yang berhasil lolos ke tingkat nasional di Surabaya

Lebih lanjut, Khofifah mengatakan, kategori lomba menjadi bagian penting untuk melihat kembali talenta luar biasa yang sebetulnya sudah dilahirkan oleh pelajar SMK. “Para siswa SMK bukan disiapkan menjadi karyawan, melainkan siap menjadi juragan. Semoga LKS SMK terus menjadi ajang untuk menumbuhkan kemandirian dan inovasi bagi peserta didik SMK,” ucapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Mendikbudristek bidang Manajemen Talenta Indonesia, Tatang Muttaqin, mengatakan, Kemendikbudristek terus berkomitmen untuk menjadi garda terdepan dalam menggerakkan ajang-ajang talenta nasional, salah satunya melalui LKS SMK 2023. “LKS SMK 2023 menjadi salah satu upaya Kemendikbudristek mendorong generasi muda untuk terus kompeten, produktif, berkarakter, berinovasi, dan mampu berkontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional,” ucap Tatang.

Baca Juga:  PKKS di UPT SDN Palamakan 1

Tatang yakin, para peserta LKS akan memberikan yang terbaik dan usaha paling maksimal dalam mengikuti LKS SMK 2023. “Kami berada di sini untuk mendukung kalian dan melihat perkembangan luar biasa yang akan kalian capai. Semoga LKS menjadi langkah awal yang penuh inspirasi dalam perjalanan kalian menjadi peserta didik yang sukses,” tuturnya.

Kepala BPTI, Asep Sukmayadi, menyampaikan penyelenggaraan LKS SMK 2023 bertujuan memberikan dorongan kepada SMK untuk meningkatkan kompetensi pada bidang vokasi secara optimal. “Kita ingin menumbuhkan sikap disiplin, rasa percaya diri, toleransi, kompetitif dan sportivitas, serta meningkatkan daya saing dalam menghadapi tantangan industri dan dunia kerja,” tutur Asep Sukmayadi dalam laporannya.

Kepala BPTI juga melaporkan bahwa para peserta yang berkompetisi pada tingkat nasional ini sudah melalui seleksi tingkat provinsi yang dilakukan oleh dinas pendidikan provinsi. “Ajang ini juga merupakan wahana untuk mendapatkan talenta-talenta SMK yang akan disiapkan untuk mengikuti ajang keterampilan tingkat dunia diantaranya lomba World Skill Competition (WSC),” tukasnya. (*)

Penulis : Fj/Mas

Editor : Mustopa Kamal Adam

Berita Terkait

Bus Rombongan Perangkat Desa yang Akan Workshop Kecelakaan
Selesai Laksanakan UN, SMPN 6 Kota Tangerang Gelar Tasyakuran Kelas 9
Dinsos Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat Untuk Petugas Pelayanan Publik
Pengawas Monitor Pelaksanaan US SDN Cikande 1
Siswa SMPN 3 Pamarayan Diberi Motivasi Sebelum US
Arief Wismansyah Raih Gelar Doktor
Perkuat Pendidikan Agama di Era Digitalisasi, Maesyal Rasyid Dorong Guru dan Orang Tua
Pengembangan Profesionalisme Guru KKG Gugus 2
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 13:10 WIB

Bus Rombongan Perangkat Desa yang Akan Workshop Kecelakaan

Rabu, 22 Mei 2024 - 06:03 WIB

Selesai Laksanakan UN, SMPN 6 Kota Tangerang Gelar Tasyakuran Kelas 9

Kamis, 16 Mei 2024 - 12:15 WIB

Dinsos Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat Untuk Petugas Pelayanan Publik

Rabu, 15 Mei 2024 - 11:30 WIB

Pengawas Monitor Pelaksanaan US SDN Cikande 1

Selasa, 14 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siswa SMPN 3 Pamarayan Diberi Motivasi Sebelum US

Selasa, 14 Mei 2024 - 10:22 WIB

Arief Wismansyah Raih Gelar Doktor

Senin, 13 Mei 2024 - 10:50 WIB

Perkuat Pendidikan Agama di Era Digitalisasi, Maesyal Rasyid Dorong Guru dan Orang Tua

Senin, 13 Mei 2024 - 09:49 WIB

Pengembangan Profesionalisme Guru KKG Gugus 2

Berita Terbaru

PILKADA 2024

Dibanggakan PPP, Airin Programkan Santri Inovator

Rabu, 22 Mei 2024 - 13:29 WIB

Pendidikan

Bus Rombongan Perangkat Desa yang Akan Workshop Kecelakaan

Rabu, 22 Mei 2024 - 13:10 WIB

Hukum & Kriminal

Penyelundupan 99.250 Ekor BBL ke Luar Negeri Digagalkan

Rabu, 22 Mei 2024 - 13:04 WIB

Pemerintahan

PPDB Harus Objektif, Transparan dan Akuntabel

Rabu, 22 Mei 2024 - 13:01 WIB