Menjembatani Jurang: Meningkatkan Employability Mahasiswa melalui Kolaborasi Universitas-Industri

Kamis, 4 April 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BINTARO | TR.CO.ID

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) telah sukses menyelenggarakan rapat koordinasi dengan tim Human Resource (HR) dari berbagai unit usaha Jaya, yang berlangsung di Gedung A Universitas Pembangunan Jaya (UPJ). Acara ini dihadiri oleh para pemimpin utama UPJ, antara lain Presiden Universitas Pembangunan Jaya Ir. Frans Sunito, Rektor Universitas Pembangunan Jaya Ir. Yudi Samyudia, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Operasional dan Kerja Sama Elisabeth Rukmini, Ph.D., serta Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKAL) Dr. Ronald M. P. Silalahi, S.S., M.Hum.


Pada kesempatan tersebut, turut hadir pula perwakilan HR dari berbagai unit usaha Jaya, antara lain PT Arkonin, PT Jaya CM Manggala Pratama, PT Jaya Real Property, PT Jaya Teknik Indonesia, PT Jaya Trade Indonesia, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk, PT Jaya Obayashi, dan PT Mitsubishi Jaya Elevator And Escalator.


Presiden Universitas Pembangunan Jaya, Ir. Frans Sunito menyampaikan harapannya bahwa UPJ dapat menjadi bagian penting dari warisan (legacy) Jaya yang mendorong kelompok Jaya untuk terus berkembang dan maju. Sementara itu, Rektor Universitas Pembangunan Jaya, Ir. Yudi Samyudia, Ph.D., menambahkan bahwa UPJ merupakan laboratorium hidup yang menghasilkan mahasiswa dan lulusan unggul.


Tujuan utama dari rapat koordinasi ini adalah untuk meningkatkan kerja sama antara UPJ dengan unit-unit usaha Jaya. UPJ diharapkan dapat menjadi penyedia tenaga kerja yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan (demand) sumber daya manusia dari berbagai unit usaha Jaya.


UPJ berencana untuk mengajak unit-unit usaha Jaya untuk menyusun program-program seperti magang terstruktur yang akan diawasi oleh dosen, serta program graduate trainee setelah mahasiswa lulus. Program tersebut juga mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di mana mahasiswa akan memiliki pengalaman bekerja di dalam dunia usaha dan dunia industri. UPJ juga akan mengadakan Dies Natalis ke-13 dan Wisuda ke-10 pada bulan September mendatang, di mana lulusan yang diterima sebagai graduate trainee di unit usaha Jaya akan disimbolisasikan sebagai bentuk apresiasi.

Baca Juga:  Komisi E DPRD DKI Panggil Disdik Bahas KJP dan KJMU


Selain itu, UPJ juga akan menggelar kegiatan Career Fair pada tanggal 25-26 Juli 2024 sebagai kesempatan untuk memperkenalkan unit-unit usaha Jaya kepada mahasiswa dan lulusan UPJ.
Seluruh rencana kerja sama yang diajukan oleh UPJ mendapat respon positif dan antusiasme dari perwakilan HR unit usaha Jaya. Beberapa di antaranya memberikan masukan, seperti pembuatan aplikasi sederhana untuk memantau perkembangan mahasiswa yang terlibat dalam program kerja sama, serta memberikan umpan balik untuk meningkatkan struktur dan sistem program-program tersebut.


Komitmen dari kedua belah pihak dalam membangun sinergi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara UPJ dan unit-unit usaha Jaya, serta memberikan kontribusi positif bagi pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dalam satu kelompok Jaya.(red)

Berita Terkait

Pelajar SMPN 1 Tangkot Angkatan 55 Dilepas
HMI Cabang Pandeglang Laporkan Dugaan Korupsi di Proyek Bendung DI Cimoyan
Pj Gubernur Banten Launching PPDB Tahun 2024
Paramount Land Bagikan Kacamata untuk Anak Negeri
SMAN 1 Sosialisasikan PPDB Tahun 2024
Mahasiswa Kepung Gedung DPUPR Pandeglang, Terkait Pembangunan Irigasi Bojongkakak
Pelepasan Siswa SMP dan SMK Prestasi Multi Program
SDIT Syifa Fikriya Cikande Cetak Hafizh Hafizhah
Berita ini 16 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 10:51 WIB

Pelajar SMPN 1 Tangkot Angkatan 55 Dilepas

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:02 WIB

HMI Cabang Pandeglang Laporkan Dugaan Korupsi di Proyek Bendung DI Cimoyan

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:21 WIB

Pj Gubernur Banten Launching PPDB Tahun 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:16 WIB

Paramount Land Bagikan Kacamata untuk Anak Negeri

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:13 WIB

SMAN 1 Sosialisasikan PPDB Tahun 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 14:30 WIB

Mahasiswa Kepung Gedung DPUPR Pandeglang, Terkait Pembangunan Irigasi Bojongkakak

Rabu, 12 Juni 2024 - 14:10 WIB

Pelepasan Siswa SMP dan SMK Prestasi Multi Program

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:50 WIB

SDIT Syifa Fikriya Cikande Cetak Hafizh Hafizhah

Berita Terbaru

Selebritis

Amanda Manopo: Atas sampai Bawah Hasil Perawatan

Jumat, 14 Jun 2024 - 11:05 WIB

Hukum & Kriminal

16 Remaja Bersajam Live Instagram Hendak Tawuran

Jumat, 14 Jun 2024 - 11:00 WIB

Daerah

Dua Bocah Tewas Dibekas Galian Puspemkab Tangerang

Jumat, 14 Jun 2024 - 10:58 WIB