Tolak Pj Walikota Bukan Pejabat Lokal

Selasa, 17 Oktober 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KOTA TANGERANG | TR.CO.ID

Kepemimpinan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, akan segera berakhir diakhir tahun 2023 ini. Eskalasi penolakan Penjabat (Pj) Walikota dari luar kian mencuat.

Sejumlah elemen masyarakat dari Forum Non Goverment Organitation (NGO) Tangerang Raya melakukan aksi unjuk rasa di Tugu Adipura, Kota Tangerang, Senin (16/10/2023). Mereka menolak adanya Pj Walikota yang ditunjuk oleh Kemendagri diluar dari pejabat Kota Tangerang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Inisiator Aksi Forum NGO Tangerang Raya, Saipul Basri menyatakan sebagai elemen masyarakat Kota Tangerang pihaknya menolak jika nantinya Kemendagri menunjuk Pj bukan dari pejabat lokal alias dari Pemkot Tangerang.

“Kami menolak Penjabat Wali Kota yang diisi dari Kemendagri. Kami ingin hanya diisi oleh pejabat lokal Pemkot Tangerang,” ujar Marsel sapaan akrabnya.

Marsel menyebutkan jika Pj bukan dari Pejabat Lokal Kota Tangerang, pihaknya menduga akan banyak persoalan-soalan yang terjadi. Lantaran mereka tidak paham akan wilayah kota seribu industri sejuta jasa ini.

Menurutnya, penunjukan Pj jangan lebih memetingkan kepentingan politik semata. Sementara kepentingan masyarakat yang dikorbankan.

“Jangan sampai korbankan kepentingan rakyat, hanya untuk kepentingan politik praktis,” kata Marsel.

Marsel mengatakan pihaknya akan terus melakukan gerakan untuk menyampaikan aspirasi terkait penolakan penunjukan Pj Wali Kota yang bukan dari Kota Tangerang. Kendati demikian, Marsel menyebutkan Pj dari luar Kota Tangerang tidak paham permasalahan, kebutuhan masyarakat Kota Tangerang.

Baca Juga:  Tangerang Masuk Kategori IKP Sedang di Banten

“Kami akan terus melakukan gerakan-gerakan yang akan di utus dari Kemendagri, kita tidak akan berhenti menyampaikan aspirasi,” ungkapnya.

“Mereka tau apa kebutuhan masyarakat tangerang, mereka tau apa pembangunan Tangerang. Mereka tidak paham apa-apa,” tambahnya.

“Kami sepakat yang ditunjuk dari pemerintah daerah (pejabat lokal). Mereka lebih paham daerah. Kita akan terus mengawal proses rekomendasi oleh DPRD Kota Tangerang. Kita terus mengawal sampai proses disahkan penjabat untuk mengisi kekosongan,” tandasnya.

Aminudin, massa aksi lainnya menegaskan Kemendagri sudah sepatutnya menunjuk Pj dari Pejabat Lokal dari Kota Tangerang. Ia mengungkapkan untuk daerah-daerah lainnya boleh saja yang ditunjuk dari Kemendagri.

“Sudah sepatut Kemendagri menunjuk Pj Wali Kota dari pejabat lokal. Silakan di kota lain di tunjuk oleh Kemendagri, kami harap Pj Wali Kota dari pejabat lokal. Karena saat ini Kota Tangerang sedang baik-baik saja,” katanya.

“Kami minta dukungan kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang. Kita akan terus mengawal trus Pj ini,” tandasnya.

Terpisah, Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Tangerang, Tono Darussalam menyatakan menolak Penjabat (Pj) Walikota Tangerang dari luar. Pasalnya, bila Pj Walikota bukan berasal dari Kota Tangerang akan membuat proses baru lagi.

“Baiknya Pj memang orang yang tahu wilayah Kota Tangerang. Kalau orang luar akan mengenalkan diri lagi mengenal wilayah lagi. Nanti repot lagi, kan gitu,” kata Tono beberapa waktu lalu.

Menurutnya jika Pj Wali Kota berasal dari Kota Tangerang akan lebih mudah mengakses terutama berkaitan dengan program dan kebijakan Pemkot yang sudah berjalan.

Baca Juga:  Arumi Bachsin Rayakan Anniversary Pernikahan

“Kami sepakat bersama masyarakat lainnya akan menolak Pj dari luar,” tegas Tono.

Sebelumnya, Komunikolog Politik dan Kebijakan Publik Tamil Selvan, mengungkapkan salah satu kelemahan Penjabat Bupati Tangerang yang bukan dari pejabat lokal atau daerah setempat. Menurutnya, pejabat tersebut butuh waktu yang cukup lama untuk menguasai medan suatu wilayah.

Diketahui sebagai contoh, Penjabat Bupati Tangerang, Andi Ony Prihantono melakukan pertemuan dengan warga pedagang Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis. Agendanya membahas rencana revitalisasi yang berujung preman bayaran menyerang pedagang pada Minggu, 24 September 2023, sore lalu.

Andi Ony pun keluar ruangan pertemuan tidak menyampaikan penjelasan sedikit pun kepada awak media. Ia mendapat pengawal ketat dari petugas Satpol PP yang membuat pagar betis mengelilingi Andi.

“Makanya penjabat yang di kirim dari tingkat pusat dan dia tidak tahu medan (wilayah) dimana dia memimpin itu akan memakan waktu yang cukup panjang, sementara kita tahu waktu Pj ini tidak lama,” ujar Kang Tamil, sapaan akrabnya saat dimintai keterangan di Kota Tangerang, Jumat (6/10/2023).

“Satu hal yang harus kita garis bawahi pemerintah kota/kab itu tidak bisa menunggu waktu untuk belajar gitu loh. Jadi ini yang harus kita kemudian faktor utama, kenapa harus kita kedepankan lebih baik keniscayaan pejabat lokal yang jadi Pj,” sambung Akademisi Universitas Dian Nusantara ini.

Penulis : Aceng Abidin

Editor : Haris Sujarsad

Berita Terkait

Dewan Kehormatan PWI Pusat : Bantuan BUMN Untuk Kegiatan UKW Harus Diterima Utuh
Ramadan 2024, Aquaproof Jalin Silaturahmi Melalui #AquaproofBerbagi dan #PilihYangSNI
Kisruh penghasilan ASN dipotong, Segini Kekayaan Pj Walikota Tangerang Nurdin
Mudik Lebaran 2024, Pj Gubernur Al Muktabar: Provinsi Banten Sudah Lakukan Persiapan Maksimal
Pj Gubernur Al Muktabar Kukuhkan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM Provinsi Banten Periode 2023 – 2025
Persiapan Arus Mudik, Pemkot Tangsel Siapkan Lakukan Pemeliharaan Jalan
MK Kirim Surat Panggilan ke Empat Menteri dan DKPP
Deddy Ingatkan Investasi Harus Jadi Dasar Pembangunan Nasional
Berita ini 24 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 7 April 2024 - 13:20 WIB

Dewan Kehormatan PWI Pusat : Bantuan BUMN Untuk Kegiatan UKW Harus Diterima Utuh

Minggu, 7 April 2024 - 11:41 WIB

Ramadan 2024, Aquaproof Jalin Silaturahmi Melalui #AquaproofBerbagi dan #PilihYangSNI

Kamis, 4 April 2024 - 10:13 WIB

Kisruh penghasilan ASN dipotong, Segini Kekayaan Pj Walikota Tangerang Nurdin

Kamis, 4 April 2024 - 09:48 WIB

Mudik Lebaran 2024, Pj Gubernur Al Muktabar: Provinsi Banten Sudah Lakukan Persiapan Maksimal

Kamis, 4 April 2024 - 09:40 WIB

Pj Gubernur Al Muktabar Kukuhkan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM Provinsi Banten Periode 2023 – 2025

Rabu, 3 April 2024 - 14:55 WIB

Persiapan Arus Mudik, Pemkot Tangsel Siapkan Lakukan Pemeliharaan Jalan

Rabu, 3 April 2024 - 13:17 WIB

MK Kirim Surat Panggilan ke Empat Menteri dan DKPP

Rabu, 3 April 2024 - 13:12 WIB

Deddy Ingatkan Investasi Harus Jadi Dasar Pembangunan Nasional

Berita Terbaru

Kabupaten Tangerang

Pilbup Tangerang 2024, Tiga “Banteng Merah” Potensial Disiapkan

Selasa, 9 Apr 2024 - 04:44 WIB

Politik

Ini Anggota DPRD Provinsi Banten Terpilih di Pileg 2024

Senin, 8 Apr 2024 - 13:40 WIB